post image
Nirina Zubir/ Net
KOMENTAR

JIKA Maia Estianti menjalani isolasi mandiri tersingkat, hanya 3 hari, berbeda dengan Nirina Zubir. Aktris ternama tanah air ini justru sudah satu bulan ini menjalani isolasi mandiri lantaran hasil tes SWAB Nirina masih juga positif.

Sedih lantaran tidak bisa bertemu dengan orang-orang yang dicintai, sangat dirasakan istri Ernest Fardiyan Syarif itu. Kebosanan dan kegelisahan melandanya. Semua ia tuangkan dalam akun media sosialnya @nirinazubir.

Sebuah video berdurasi beberapa detik diunggahnya. Di situ terlihat, Nirina berusaha menahan tangis.

"Satu bulan isoman (isolasi mandiri)! Menangislah! Bersedihlah! Berilah waktu... Karena kita punya rasa... Namun jangan berlarut-larut dan membiarkan rasa itu menarik kita ke titik yg membuat kita lemah," tulis Nirina.

Jelas sekali apa yang dirasakan ibu dua orang anak ini. Sedih, kecewa, dan terluka. Tiga kali sudah ia menjalani tes SWAB, dan hasilnya masih sama, positif!

"Ada saatnya kita sedih. Ada saatnya kita kecewa. Ada saatnya kita terluka. Manusiawi! Jujur ini yg na rasa begitu na mendengar hasil swab test na!"

"Isolasi lagi! Karantina lagi! Berjarak lagi! Saya lelah!!"

Sebenarnya, Nirina paham betul bahwa ini adalah saatnya untuk belajar bersabar dengan kehidupan. Ia harus menerima kenyataan dengan kuat dan semangat.

"Ini pelajaran baru na. Saat ini adalah sekolah kita agar lebih bisa mengolah rasa...tuk kehidupan kita selanjutnya, Terimalah Hadapilah Dan Jadilah kuat," demikian Nirina.

Mengapa Bisa Lama Jalani Isoman?

Dokter spesialis paru RSUP Persahabatan Erlina Burhan, menjelaskan, sebenarnya waktu yang dibutuhkan untuk isolasi mandiri darinpasien positif covid-19 tanpa gejala adalah 10 hari. Untuk yang bergejala minimal 10 hari ditambah 3 hari bebas gejala.

Terkait PCR yang masih positif, apalagi sudah lebih dari satu bulan, kemungkinan karena yang terdeteksi adalah sisa-sisa virus atau bangkai-bangkai virus. Jadi sudah tidak ada infeksi ataupun penularan lagi.

"Walaupun begitu, pasien tetap harus menjalankan protokol kesehatan demi kesembuhan yang maksimal," kata Erlina.

Agar cepat sembuh, sebaiknya makan makanan dengan asupan gizi yang baik, istirahat yang cukup, serta mengonsumsi vitamin untuk memperbaiki sistem imun.

"Kalau di rumah bisa masuk udara, ventilasi rumah dijaga, dibuka. Dengan imun yang kuat, virus Corona cepat hilang dari tubuh," demikian Herlina.

 

Close X

Dewi Perssik Donor Plasma, Berbagi Kasih, Berbagi Cinta

Sebelumnya

Haru, Pesan Anak Wendy Cagur Yang Tengah Isolasi Mandiri

Berikutnya

KOMENTAR ANDA