post image
Nirina Zubir/Net
KOMENTAR

MAKIN banyak selebriti Indonesia yang mengumumkan diri mereka positif terinfeksi Covid-19. Sejumlah nama seperti Pevita Pearce, Nirina Zubir, Fanny Fabriana, Chicco Jerikho, hingga Donna Agnesia tak luput terkena Covid-19.

Kabar tersebut tanpa kita sadari bisa menambah kekhawatiran kita. Apalagi banyak di antara para seleb tersebut dikenal dekat dengan gaya hidup sehat, terutama rajin berolahraga. Beberapa di antara mereka sudah dinyatakan negatif dan beraktifitas kembali di dunia hiburan.

Bagaimana perjuangan mereka untuk sembuh?  Berikut ini kiat 5 selebriti yang berhasil mengubah positif menjadi negatif Covid-19. Semoga bisa menjadi sumber motivasi kita untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dan pantang menyerah saat dinyatakan terpapar Covid-19.

Detri Warmanto

Menantu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo ini menjadi selebriti Tanah Air pertama yang mengumumkan dirinya positif terinfeksi Covid-19 pada 15 Maret 2020. Detri tergolong OTG karena ia tidak merasakan gejala sakit apa pun. Namun dokter menyuruhnya isolasi mandiri 14 hari untuk menghindari penularan ke orang lain.

Tentang kiat sembuh, Detri mengaku dokter tidak memberinya obat khusus atau vitamin khusus. Menurut Detri, bagi OTG yang terpenting adalah self healing. Berusaha menaikkan imunitas tubuh dengan tidak panik, tidak stres, dan tidak marah. Optimis dalam berjuang, selalu merasa bahagia, dan menikmati semuanya.

“Nomor satu adalah pola pikir lalu nomor dua adalah menaati protokol kesehatan dan anjuran medis, yaitu menjalani pola hidup teratur, pola makan sehat, olahraga, dan berjemur sinar matahari. Semua bersinergi untuk melawan virus,” kata Detri.

Andrea Dian

Masih di bulan Maret 2020, selebriti kedua yang mengumumkan positif terinfeksi Covid-19 adalah Andrea Dian. Andrea mengaku mengalami beberapa gejala sebelum didiagnosis positif Covid-19. Berawal dari demam, diagnosis awal RS adalah DBD. Namun saat scan paru-paru, terlihat ada flek di bagian kanan dan kiri. Karena itulah Andrea melakukan tes swab di sebuah RS swasta. Pada 18 Maret 2020, hasil tes menunjukkan ia positif terinfeksi Covid-19.

Awalnya Andrea dirawat di RSAL Mintoharjo sebelum kemudian dipindahkan ke RS Darurat Wisma Atlet. Kondisinya terus membaik bahkan rajin berolahraga di ruangan isolasinya. Istri Ganindra Bimo ini dinyatakan sembuh setelah dirawat selama 3 pekan.

Andrea berterima kasih kepada dokter dan perawat yang selalu siaga dan rutin memeriksa para pasien setiap hari. Menurut Andrea, para tenaga kesehatan mampu membuat pasien merasa tenang dan nyaman, karena ketenangan psikis sangat dibutuhkan selain obat-obatan. “Yang paling terutama teruntuk kalian semua tenaga medis yang berjuang untuk memenangkan peperangan melawan virus dan menyembuhkan kami para pasien walau nyawa kalian sendiri taruhannya. Kalian semua adalah PAHLAWAN yang sesungguhnya,” tulis Andrea di laman Instagramnya.

Selain itu, menurut Andrea, dukungan moral dari lingkungan, terutama pasangan, keluarga dan teman-teman amat diperlukan seorang pasien Covid-19. Andrea menambahkan ia pun selalu berdoa kepada Tuhan untuk diberi kekuatan dalam berjuang melawan Covid-19.

Melaney Ricardo

Pada awal Oktober 2020, presenter Melaney Ricardo mulai merasakan rasa tidak nyaman pada tubuhnya. Ada nyeri sendi dan tulang. Dan karena saat itu ia sedang menjalani diet vegetarian, ia sempat menggigil kedinginan saat syuting. Istri Tyson Lynch ini juga merasakan mual yang ia kira akibat asam lambung serta kehilangan indera perasa.

Setelah mengetahui dirinya dinyatakan positif Covid-19, Melaney mengaku ia belum bisa menghilangkan stres saat awal dirawat di RS. Satu bulan lamanya Melaney berjuang melawan Covid-19. Ia dirawat 2 minggu di RS swasta. Di RS, Melaney sempat mengalami efek pembekuan darah yang mengharuskannya mengonsumsi obat pengencer darah. Obat-obatan lain yang ia konsumsi adalah Obat maag, obat virus, Vitamin D, obat batuk, serta obat mengandung zinc. Satu minggu di RS ia bahkan harus mengonsumsi obat penambah darah karena anemia.

Pada 20 Oktober 2020. CT value Melaney yang menunjukkan tingkat infeksi virus berada di angka 32. Normalnya di atas 35. Waktu pertama masuk RS, CT value-nya 12, yang berarti sangat menularkan orang-orang di sekitarnya. Dokter mengizinkan Melaney pulang untuk isolasi mandiri di rumah untuk lebih relaks. Tujuannya agar imunitas tubuhnya bertambah kuat.

Melaney menghabiskan total 1,5 bulan berjuang melawan Covid-19. Ia berpesan agar masyarakat tidak paranoid tapi tidak lengah menjalankan protokol 3M. Ia juga meminta para pejuang Covid-19 untuk menutup telinga dari berita-berita buruk seputar Covid-19 dan jangan lupa selalu berdoa karena Tuhan melihat kesakitan dan air mata hamba-Nya.

Pevita Pearce

Akhir tahun 2020, artis blasteran Inggris-Banjarmasin Pevita Pearce bersyukur karena dinyatakan sembuh dari Covid-19. Pevita mengaku terkejut saat dinyatakan positif Covid-19 karena ia selalu menjalankan protokol kesehatan, giat berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, dan rutin minum vitamin.

Awal terinfeksi Covid-19, Pevita sempat kehilangan indera pengecap dan indera penciuman. Ia tidak bisa membedakan rasa air putih, susu, dan kopi. Pevita menjalani masa perawatan dan pemulihan di RS. Dalam laman Instagram @pevpearce, ia membagikan fotonya duduk di atas ranjang RS juga foto beberapa obat-obatan yang dikonsumsi seperti Isprinol (obat untuk menguatkan imun, mengobati infeksi akibat virus) dan Diatabs.

Close X

Tampil Perdana Di Catwalk New York, Putri Wakil Presiden AS Kamala Harris Mengaku Gugup

Sebelumnya

Ashanty dan Tiga Anaknya Positif Covid-19

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga