KOMENTAR

MALAM penganugerahan Ibu Ibukota Awards 2020 digelar secara virtual di channel YouTube Ibu Ibukota bertepatan pada Hari Ibu, Selasa malam (22/12/2020).

Ibu Ibukota Awards merupakan sinergi antara teman #AksiHidupBaik, PKK DKI Jakarta, Dekranasda DKI Jakarta, Yayasan Kanker Indonesia DKI Jakarta, dan Darma Wanita Persatuan (DWP) DKI Jakarta yang bertujuan mengapresiasi para perempuan penggerak bidang kesehatan, lingkungan, pendidikan, kewirausahaan, dan pemberdayaan.

Tahun ini menjadi berbeda karena para perempuan penggerak ini berkiprah di tengah pandemi Covid-19. Ibu Ibukota Awards 2020 merupakan penghargaan kepada mereka yang tetap berjuang demi kepentingan bersama di tengah penanggulangan Covid-19. Wujud apresiasi yang diberikan adalah mengangkat kisah mereka ke permukaan dengan tujuan menyadarkan masyarakat bahwa simpul kekuatan Jakarta terbentuk karena kita menghadapi situasi ini bersama-sama.

Apresiasi terhadap para penggerak ini diharapkan dapat menginspirasi lebih banyak perempuan di Jakarta untuk lebih peduli terhadap sesama dan lingkungan agar semua warga dapat menikmati wajah terbaik Jakarta.

Penilaian Ibu Ibukota Awards 2020 sudah berlangsung sejak bulan Juli silam. Tim seleksi menerima banyak sekali cerita inspiratif yang datang dari seluruh pelosok Jakarta. Melalui beberapa tahapan, tim seleksi yang terdiri dari para ahli kemudian memilih sosok-sosok inspiratif untuk ditampilkan dalam Gelar Wicara Ibu Ibukota Awards. Proses penggalian cerita tersebut memberikan banyak hikmah bagi perempuan penggerak maupun tim relawan Ibu Ibukota Awards.

Dengan tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat, syuting 20 episode Gelar Wicara Ibu Ibukota Awards 2020 dilaksanakan pada bulan Oktober hingga November. Masyarakat dapat menonton tayangan Gelar Wicara setiap Sabtu dan Minggu di channel YouTube Ibu Ibukota dan Spotify Cerita Ibu Ibukota.

Banyak sekali teman #AksiHidupBaik yang berpartisipasi dalam perjalanan Ibu Ibukota Awards. Ada 60 relawan yang terlibat sejak awal program, termasuk Upie Guava—sutradara yang telah menghasilkan ratusan video klip musik para musisi Indonesia. Upie pula yang membesut video perjalanan Ibu Ibukota Awards 2020 yang ditampilkan di awal malam penghargaan.

Dalam sambutannya, Ibu Fery Farhati selaku penggagas Ibu Ibukota Awards 2020 menyatakan kebanggaan terhadap para perempuan penggerak di Jakarta. "Kekuatan cerita para Ibu Ibukota inilah yang menggerakkan hati teman #AkiHdupBaik untuk terinspirasi dan bergerak. Kami berterima kasih atas dedikasi dan kerja tulus mereka untuk Jakarta."

"Mereka tidak hanya memikirkan bagaimana bertahan di masa sulit tapi juga tetap berpikir tentang kesejahteraan warga di sekitar mereka. Apa yang mereka lakukan benar-benar menghangatkan dan menyatukan hati kita semua, serta menjadi inspirasi untuk lebih peduli sesama dan bergerak demi membuat Jakarta menjadi lebih humanis dan penuh harapan," tambah Ibu Fery.

Hal senada ditegaskan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. "Sosok ibu akan terus, masih, dan akan selalu berpengaruh di masa pandemi. Banyak ibu Ibukota yang mengambil bagian secara pro aktif bahkan bergerak dalam sunyi—tanpa terlihat, sehingga kita tidak mengetahui banyak perempuan yang membawa dampak luar biasa bagi Jakarta. Ada yang menjaga ketahanan pangan keluarga, mendampingi peserta didik dalam PJJ, hingga mereka yang tak lelah mengingatkan masyarakat tentang urgensi protokol kesehatan. Mereka menjadikan Jakarta lebih humanis dan harmonis," ungkap Anies.

Lima ibu yang terpilih mendapatkan Ibu Ibukota Awards 2020 adalah Ibu Fahmalia (Perwakilan Bidang Pendidikan), Ibu Nicky Clara (Perwakilan Bidang Kewirausahaan), Ibu Maryamah (Perwakilan Bidang ), Ika Tri Wilujeng (Perwakilan Bidang Lingkungan), dan Ibu Dharma Diani (Perwakilan Bidang Pemberdayaan).

Ibu Ibukota Award juga memberikan Special Award untuk Ibu Hj. Ratna Ningsih, sosok ibu yang mengabdikan puluhan tahun pengabdian untuk PKK memastikan kesejahteraan keluarga Jakarta. Ibu Ratna Ningsih meninggal dunia pada 26 Oktober 2020. Selamat jalan Ibu Ratna, pengabdianmu akan selalu menjadi teladan dan inspirasi bagi para ibu Ibukota untuk terus bergerak dalam kebaikan.




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News