Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

LAPORAN dari Inggris tentang jenis virus corona baru yang menyebar lebih cepat memicu kekhawatiran. Pakar kesehatan di Inggris dan AS mengatakan jenis itu tampaknya lebih mudah menginfeksi daripada yang lain, tetapi belum ada bukti lebih lanjut.

Pada Sabtu (19/12), Perdana Menteri Boris Johnson mengumumkan pembatasan Covid-19 sejak ditemukannya varian baru tersebut, diikuti oleh negara-negara Eropa lainnya. Beberapa di antaranya bahkan telah memutus jalur transportasi dengan Inggris.

Dilaporkan Reuters, strain, yang oleh beberapa ahli disebut sebagai garis keturunan B.1.1.7, sebenarnya bukanlah varian baru dari virus pandemi yang muncul ini, tetapi dikatakan hingga 70 persen lebih mudah menular daripada strain dominan sebelumnya.

Patrick Vallance, kepala penasehat ilmiah pemerintah Inggris, mengatakan bahwa strain "bergerak cepat dan menjadi varian dominan," menyebabkan lebih dari 60 persen infeksi di London pada Desember.

Perlukah Kita Khawatir?

Para ilmuwan menyarankan agar semua berhati-hati terhadap varian baru ini. Varian baru dengan cepat menjadi jenis yang dominan dalam kasus Covid-19 di beberapa bagian selatan Inggris.

Jenis baru ini pertama kali terlihat di Inggris pada bulan September, saat itu, di London, 62 persen kasus Covid-19 disebabkan oleh varian baru.

Pemerintah Australia, Italia, dan Belanda juga turut mendeteksi kasus strain baru. Mereka menemukannya ada awal Desember ini.

Beberapa kasus Covid-19 dengan varian baru juga telah dilaporkan ke ECDC, badan pemantau penyakit Eropa, oleh Islandia dan Denmark. Laporan media di Belgia mengatakan kasus juga telah terdeteksi di sana.

Peter Openshaw, profesor kedokteran eksperimental di Imperial College London mengatakan, “Adalah benar untuk menganggapnya serius.”

Sementara, Shaun Fitzgerald, seorang profesor tamu di Universitas Cambridge, mengatakan situasi sejak adanya varian baru ini menjadi sangat sangat memprihatinkan.

Strain ini memiliki begitu banyak mutasi, sekitar 23 mutasi. Beberapa di antaranya memengaruhi kemampuannya untuk menyebar, sekitar 40-70 persen.

Pemerintah Inggris pada hari Sabtu mengatakan varian itu adalah penyebab tingkat reproduksi "R" menjadi sebesar 0,4. Ini berarti penyebarannya lebih cepat di Inggris, membuat pandemi di sana lebih sulit dikendalikan dan meningkatkan risiko juga akan menyebar dengan cepat di negara lain.

"B.1.1.7 baru, belum secara jelas menjadi penyebab kematian tetapi memiliki peningkatan kemampuan untuk menularkan," kata Martin Hibberd, profesor penyakit menular yang muncul di London School of Hygiene & Tropical Obat.

Vaksin Covid-19 Dapat Melemahkan Varian Baru Ini?

Belum ada bukti bahwa vaksin yang saat ini sedang digunakan di Inggris, Pfizer dan BioNtech, dapat melindungi seseorang dari varian baru virus corona ini.

Namun, Patrick Vallance mengatakan vaksin Covid-19yang saat ini sedang digunakan di Inggris cukup memadai dalam menghasilkan respons kekebalan terhadap varian virus corona baru.

Senada dengan Vallace,  Julian Tang, profesor dan ahli virologi klinis di Universitas Leicester mengatakan, dia tidak melihat alasan untuk percaya bahwa vaksin yang telah dikembangkan tidak akan efektif melawan virus.

Apakah varian baru ini mempengaruhi pengujian?

Robert Shorten, seorang ahli mikrobiologi di Association for Clinical Biochemistry & Laboratory Medicine, mengatakan ya.

“Ini telah memengaruhi kemampuan beberapa tes untuk mendeteksi virus,” katanya. 

Karena tes PCR umumnya mendeteksi lebih dari satu target gen, bagaimanapun, mutasi pada protein spike hanya mempengaruhi tes sebagian, mengurangi risiko hasil negatif palsu.

Strain virus penyebab Covid-19 telah muncul dalam beberapa bulan terakhir di Afrika Selatan, Spanyol, Denmark, dan negara-negara lain yang juga menimbulkan kekhawatiran.

Namun sejauh ini, tidak ada yang ditemukan mengandung mutasi yang membuatnya lebih mematikan, atau lebih mungkin untuk menghindari vaksin atau pengobatan.

Ketika ditanya apakah varian baru ini berasal dari Inggris, Vallance mengatakan varian baru ini mungkin telah dimulai di Inggris sejak beberapa waktu lalu. Ini berkat keahlian para ilmuwan Inggris yang memiliki salah satu program surveilans genetik paling komprehensif di dunia yang juga dipuji oleh beberapa ilmuwan di Eropa.




Manfaat Kesehatan Air Lemon untuk Bantu Wujudkan Berat Badan Proporsional

Sebelumnya

8 Langkah Cegah Kerontokan Rambut Saat Puasa

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health