KOMENTAR

PUNCAK perayaan milad ke-9 Ibu Profesional yang digelar Ibu Profesional Jakarta menghadirkan Jumpa Jumpi Virtual bertajuk "Ibu Bahagia Berkarya" melalui Instagram Live pada Sabtu malam, (19/12/2020).

Dibagi menjadi dua sesi yaitu Binar Bintang 1 dan Binar Bintang 2, Jumpa Jumpi Virtual dipandu host Berlin Fridiary menghadirkan para perempuan inspiratif yang berada di balik kontribusi positif IP Jakarta dan gemilangnya rangkaian acara Cloud 9 Playground. Turut hadir dalam acara ini, Ibu Septi Peni Wulandani selaku Founder Ibu Profesional.

Pada Binar Bintang 1, Annisa Gumay (Wali Amanah IP Jakarta) dan Farida H. Pramuditya (Penanggung jawab Cloud 9 Playground) berbagi kisah suka duka dan tantangan dalam proses pengembangan diri dalam mengikuti Ibu Profesional termasuk dalam menyiapkan Cloud 9 Playground.

Menurut Farida, tantangan yang terberat dalam menyiapkan Cloud 9 Playground adalah karena tidak bisanya panitia bertatap muka. "Menyatukan persepsi secara online kemudian membagi peran, lumayan ada tantangan dalam koordinasinya. Belum lagi masalah sinyal dan listrik, seru!" ungkapnya.

Persiapan Cloud 9 Playground sudah dimulai sejak bulan September 2020. Mulai dari konsep acara, penentuan panitia, hingga proses persiapan lainnya.

Tema playground dipilih karena IP Jakarta menginginkan sesuatu yang berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. "Konsep playground yang menarik, fun, dan menyenangkan juga menjadi semangat panitia yang kita bawa ke dalam acara. Harapannya bisa menyenangkan dan bermanfaat," kata Farida.

Menariknya, tim kepanitiaan Cloud 9 Playground juga diberi nama yang berkesan fun seperti tim arsitek playground, tim layar kaca, tim woro woro, hingga tim jeprat jepret. Di tengah pandemi, acara Ibu Profesional Jakarta menjadi satu jalan bagi para ibu untuk bahagia, beraktualisasi, sekaligus bersosialisasi dengan cara yang tidak kaku.

"Barakallah Ibu Profesional. Terima kasih sudah menjadi playground yang menyenangkan, membersamai kami sebagai perempuan, istri, sekaligus ibu untuk tetap semangat membangun peradaban dari dalam rumah, dan menjadi ibu profesional kebanggaan keluarga," ucap Annisa.

Dalam Binar Bintang 2, hadir 6 leader Ibu Profesional Jakarta yaitu Tutik Rahayu (Sekretaris Regional IP Jakarta), Renie Revania (Ketua Komunitas IP Jakarta), Sarifah Aini (Ka HIMA IIP Jakarta), Wahyu Purwaningsih (Koordinator Regional SC Jakarta), Widya Anita (Ketua RCIP Jakarta), dan Laksemi B. Siregar (Kacab KIPMA Jakarta). Tutik menjelaskan bahwa keenam leader sudah memberikan kontribusi terbaik mereka dalam mengelola tim masing-masing untuk menghasilkan karya dan menebar manfaat.

Pada acara puncak Cloud 9 Playground ini Tim RCIP Jakarta memberikan bocoran tentang e-book perdana yang siap launching di perayaan ulang tahun yang akan digelar Ibu Profesional Pusat. Ada pula film WAG Radio yang diluncurkan tim Komunitas IP Jakarta.

Yang sangat dinantikan para anggota Ibu Profesional Jakarta juga masyarakat umum yang menyaksikan IG live @ibuprofesionaljakarta adalah kehadiran Enes Kusuma, seorang ibu muda berkarya yang dipilih sebagai bintang tamu Jumpa Jumpi Virtual. Enes merupakan sosok inspiratif, seorang ibu pembelajar, changemaker, ibu bahagia berkarya yang mampu menjadi sosok terbaik dirinya.

Para leader IP Jakarta berkesempatan untuk bertanya langsung kepada Enes tentang berbagai hal seputar pengembangan diri dan aktualisasi diri perempuan. Enes memberikan insight kepada peserta Jumpa Jumpi Virtual tentang pentingnya mengetahui value sebuah organisasi sebelum memutuskan terjun ke dalamnya.

"Saya melihat dulu value-nya apa, sesuai atau tidak dengan apa yang kita harapkan. Bisa saja organisasi itu masih baru, belum banyak kegiatannya yang bisa kita lihat sebagai portfolio. Tapi jika kita tahu value-nya, maka ketika nanti organisasi ini menjadi besar, tetap sesuai dengan diri kita," ujar Enes.

Status sebagai anak dari Founder Ibu Profesional Septi Peni Wulandani tidak membuat Enes mengambil jalan pintas untuk terlibat aktif di dalam Ibu Profesional. Ia mengikuti prosedur yang sama dengan mengikuti program-program dan mengerjakan tugas-tugas yang diwajibkan. Ia mengaku bahkan sampai begadang demi menyelesaikan tugas.

"Ibu Profesional membuat saya bisa naik tingkat dengan sangat cepat. Saya bisa mendapat banyak sharing dari teman-teman di program yang saya ikuti. Banyak yang bertanya 'ngapain sih, mbak... sampai daftar segala (dan bekerja keras) di organisasi ibunya sendiri'...karena memang saya merasa dampak Ibu Profesional sangat besar," kisah Enes.

Enes juga menceritakan bagaimana kemandiria bersekolah di Singapura pada usia 14 tahun menjadikannya sebagai sosok yang "mengambil peran" mulai dari organisasi hingga di lingkungan masyarakat. Kepedulian dan keaktifan itulah yang kemudian membuat Enes meraih Ashoka Young Changemaker Award 2009 melalui SEMI (Save the Earth More Intensive) Community yang digagasnya. "Teruslah berkarya dan jangan lupa bahagia!" pesan Enes.

Puncak milad ke-9 Ibu Profesional juga akan digelar oleh Ibu Profesional Pusat pada Selasa, 22 Desember 2020 pukul 20.00 WIB.. Tepat di hari jadinya, Ibu Profesional akan menggelar The Summit Melangitkan Karya. Akan hadir Founder Ibu Profesional Ibu Septi Peni Wulandani beserta Pak Dodik Mariyanto. Rangkaian acara berupa talkshow dan malam penghargaan yang digelar melalui Fanpage Ibu Profesional, YouTube Ipedia, dan Ipedia TV.

Selamat ulang tahun ke-9 Ibu Profesional, semoga makin berkibar dengan karya dan manfaat.




Clean & Clear Indonesia Kembali Berikan Dukungan Penuh Bagi Tim Cricket Putri Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia

Sebelumnya

Hadirkan Tiga Zona Sehat, Bango Less Sugar Fit Festival Ajak Masyarakat Peduli Diabetes

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E