Farida & Ratih di acara Jelajah Cita Cita Ibu Profesional/ Dok. Farah
Farida & Ratih di acara Jelajah Cita Cita Ibu Profesional/ Dok. Farah
KOMENTAR

IBU Profesional merupakan komunitas ibu dan calon ibu di Indonesia yang di usianya yang ke-1 1 tahun semakin eksis dengan menambah lima program inovasi. Sesuai dengan tema Kolaborasi yang diusung pada tahun 2023, ada program Ibu Inklusi, Ibu Pembaharu, Home Team, Ipedia, dan Dapur Ibu Bersama. Dan tak hanya itu, Ibu Profesional juga akan menjadi Yayasan Ibu Profesional Mandiri

Memiliki 5 komponen yaitu Sekretariat Nasional, Himpunan Mahasiswa, Komunitas, KIPMA, Resource Center, dan Sejuta Cinta, Ibu Profesional juga menjadi pusat pembelajaran bagi para ibu dan calon ibu melalui berbagai kelas di Institut Ibu Profesional.

Salah satu program inovasi Ibu Profesional yaitu Ibu Inklusi membuka pendaftaran untuk ibu dan calon ibu dari berbagai kalangan tanpa terkecuali.

"Sebelumnya kami belum mempunyai program khusus mengakomodasi keterbatasan yang dimiliki member misalnya terkait penglihatan, pendengaran, atau bicara. Nah, Ibu Inklusi atau Rumah Inklusi ini mengakomodasi ibu yang berkebutuhan khusus maupun ibu dengan anak berkebutuhan khusus (ABK)," ujar Farida Pramuditya, Ketua Sekretaris Regional IP Jakarta.

Cikal bakal program Ibu Inklusi telah dijalankan sejak tahun 2022. Ibu Profesional menggelar bootcamp yang diikuti para penyandang disabilitas maupun nondisabilitas. Banyak dari peserta acara itu kemudian bergabung menjadi anggota Ibu Profesional.

"Ibu Inklusi mengajak semua perempuan untuk bergabung karena kami terbuka untuk semua kalangan, dari kalangan ekonomi apa pun, dengan keterbatasan apa pun," ujar Ratih Nurlita Inaya, Kepala Cabang KIPMA Jakarta & Manajer Komunikasi Ibu Inklusi.

Harapan ke depan, program inovasi yang diadakan di tahun 2023 dapat bersinergi dengan berbagai komponen yang sudah ada.

"Semoga ke depan program dan komponen yang ada dapat berjalan lebih harmonis, lebih merangkul kebutuhan anggota, lebih banyak dukungan dari para anggota, serta memberi lebih banyak ide untuk Ibu Profesional pusat dan regional," kata Farida.

Ia menambahkan bahwa semua program inovasi yang ditawarkan IP bertujuan untuk membuat para ibu dan calon ibu lebih bahagia dan lebih terakomodasi berbagai kebutuhan mereka. Minat dan hobi apa pun yang dimiliki anggota Ibu Profesional, diharapkan dapat menemukan 'playground' kebahagiaannya di komunitas yang digagas Septi Peni Wulandani itu.




Tiara Andini Bicara Pentingnya Merawat Diri dan Memiliki Support System untuk Bangkit dari Momen Terpuruk

Sebelumnya

Mahasiswa LSPR Gelar “Pesta Edas”, Tampilkan Ragam Kebudayaan dan Kesenian Khas Kampung Seni Edas Bogor

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E