post image
Ilustrasi penggunaan masker kain/ Net
KOMENTAR

MASKER kain digadang-gadang cukup efektif mengurangi risiko penularan virus Covid-19 hingga 70 persen. Karenanya, banyak orang yang berinvestasi masker kain yang nyaman dan modis, juga terjangkau.

Tapi tetap saja, walaupun dapat dipakai berulang kali (dicuci), namun kita tetap harus membuangnya dan menggantinya dengan yang baru. Kapan waktu yang tepat?

Menurut pedoman medis yang paling umum, menggunakan masker tiga lapis yang pas dengan wajah, yang memiliki bahan bernapas di dalamnya, adalah bentuk perlindungan terbaik saat ini. Tapi karena sebagian besar kain cenderung rusak akibat pencucian dan keausan, mencucinya dapat mengurangi fungsi dalam menangkal virus.

Idealnya, kain yang dapat digunakan kembali harus direndam dalam air panas dan larutan desinfektan dan dibiarkan mengering. Pada saat yang sama, kita harus sangat rajin membuangnya setelah beberapa kali pencucian.

Meskipun demikian, masker kain memiliki tanggal kadaluarsa. Maksudnya, untuk menetapkan garis waktu kapan seseorang dapat membuang masker dengan akan adalah tergantung pada jenis kain yang dipakai, jumlah pencucian, dan seberapa sering menggunakan atau melepasnya.

Misalnya, kalau kita lebih sering bepergian dan menghadapi lebih banyak paparan virus, jadwal penggantian masker harus lebih sering daripada yang lain.

Langkah selanjutnya adalah ketika pergantian musim. Memastikan kebersihan dan perawatan masker juga penting, mengingat perubahan musim dan lingkungan yang tercemar.

Indikator lainnya adalah:

1. Jika kita harus terus menyentuh dan menyesuaikan posisi masker. Yang pas seharusnya tidak meninggalkan celah atau memerlukan sedikit penyesuaian.

2. Periksa ikatan dan simpul elastisnya. Jika tali kendur dan lepas berulang-ulang, itu menandakan bahwa masker sudah tidak pas dan kain sudah mulai terkikis.

3. Jika kain tampak keropos atau ringan dan tipis setelah dicuci berulang kali.

4. Jika ada lubang atau sobekan pada masker. Ini sangat mengkhawatirkan, karenanya segera buang masker lama itu, tidak peduli seberapa kecil lubang atau sobekannya.

Intinya, jika masker tersebut sudah tidak nyaman, segera buang dan ganti dengan yang baru!

 

Close X

Sembuh dari Covid-19, Risiko Kesehatan Apa Saja Yang Mengintai di Kemudian Hari?

Sebelumnya

Urgensi Vaksin Covid-19 Untuk Lansia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Farah Health