KOMENTAR

NABI Sulaiman merupakan nabi yang dianugerahi kekuasaan dan kekayaan berlimpah oleh Allah Swt. Dikisahkan dalam Al Qur'an, Nabi Sulaiman memiliki istana megah yang dilapisi emas dan permata.

Tak hanya itu, Nabi Sulaiman juga diberikan mukjizat oleh Allah Swt. bisa berbicara dengan binatang dan jin. Beliau mengerti bahasa hewan dan dapat berbicara dengan jin. Tidak heran jika kemudian pengikutnya tidak hanya manusia, hewan dan jin pun tunduk padanya. Itulah mengapa ia diberi julukan "Raja Segala Mahluk".

Meski Nabi Sulaiman memiliki segala hal yang dibutuhkan, dia tetap berdoa dan memohon kepada Allah Swt. atas semua ujian dan cobaan yang datang.

1. Doa Nabi Sulaiman agar diberi kekayaan dan kejayaan

Kekayaan Nabi Sulaiman dipergunakan dengan baik. Dia menjadi orang yang dermawan dan selalu menolong siapa saja yang membutuhkan.

Inilah doa Nabi agar diberi kekayaan, kejayaan, dan kelancaran rezeki:
قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَهَبْ لِيْ مُلْكًا لَّا يَنْۢبَغِيْ لِاَحَدٍ مِّنْۢ بَعْدِيْۚ اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

"Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang jua pun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi" (QS Shad: 35)

2. Doa Nabi Sulaiman mensyukuri nikmat Allah

Nabi Sulaiman menyadari, semua kenikmatan yang dirasakannya berasal dari kasih sayang Allah kepadanya, sehingga akan menjadi sombong bila manusia tidak bersyukur kepada Allah SWT atas semua nikmat dalam hidupnya.

وَلَقَدْ ءَاتَيْنَا دَاوُۥدَ وَسُلَيْمَٰنَ عِلْمًا ۖ وَقَالَا ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ ٱلَّذِى فَضَّلَنَا عَلَىٰ كَثِيرٍ مِّنْ عِبَادِهِ ٱلْمُؤْمِنِينَ

"Dan sesungguhnya, Kami telah memberi ilmu kepada Daud dan Sulaiman, dan keduanya mengucapkan, 'Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba-hamba Nya yang beriman" (QS An Naml: 15)

3. Doa Nabi Sulaiman menjinakkan hewan dan jin

Keistimewaan lain Nabi Sulaiman adalah mampu berbicara dengan hewan dan jin. Bahkan ia memiliki pasukan dari jin dan hewan.

إِنَّهُۥ مِن سُلَيْمَٰنَ وَإِنَّهُۥ بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

"Sesungguhnya surat itu dari Sulaiman dan sesungguhnya (isinya): 'Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah Lagi Maha Penyayang'" (QS An Naml: 30)

أَلَّا تَعْلُوا۟ عَلَىَّ وَأْتُونِى مُسْلِمِينَ

"Bahwa janganlah kamu sekalian berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri" (QS An Naml: 31).

 

 




Menyambungkan Jiwa dengan Al-Qur’an

Sebelumnya

Sempurnakan Salatmu Agar Terhindar dari Perbuatan Keji dan Mungkar

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Tadabbur