Petugas kesehatan Israel/ Net
Petugas kesehatan Israel/ Net
KOMENTAR

SEBAGIAN orang yang sudah pulih dari Covid-19 akan merasakan kesehatan yang prima dan jauh lebih baik. Namun, sebagian lagi kemungkinan akan merasakan gejala walau virus tersebut telah pergi.

Sebuah laporan terbaru dari Satuan Tugas Virus Corona (Satgas Virus Corona) yang dikelola militer Israel memperingatkan bahwa banyak penderita Covid-19 mengalami gejala penyakit selama berbulan-bulan, termasuk mereka yang tampaknya sudah pulih dari serangan ringan virus.

“Gejala dapat berlanjut selama beberapa bulan bahkan setelah penyakit berlalu dan pasien dinyatakan sembuh. Tanpa ada hubungannya dengan kondisi medis atau usia pasien," ujar laporan itu, seperti dikutip dari Time of Israel, Rabu (7/10).

Menurut berbagai analisis, hingga sepertiga dari mereka yang sembuh menderita gejala yang terus-menerus walau sudah dinyatakan pulih.

Laporan tersebut merekomendasikan agar para pembuat kebijakan  mempertimbangkan fakta ini, karena itu dapat berarti bahwa Israel masih akan menghadapi tantangan medis yang serius bahkan setelah negara tersebut dapat mengendalikan tingkat kasus virus corona.

“Komplikasi yang terus berlanjut ini mungkin memiliki konsekuensi yang signifikan bagi kesehatan masyarakat, dan bahkan sangat membebani ekonomi (bahkan jika prevalensinya rendah).”

Menurut angka Kementerian Kesehatan, sejauh ini hampir 275.000 orang telah didiagnosis dengan virus di Israel, atau sekitar 3 persen dari populasi. Banyak lagi yang diperkirakan telah tertular tanpa mengetahuinya.




Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Sebelumnya

4 Cara Manajemen Stres untuk Menjaga Kesehatan Mental

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health