Sebagai manusia, kita perlu melakukan evaluasi diri apakah selama ini kita sudah cukup ikhlas dalam beramal atau tidak/Net
Sebagai manusia, kita perlu melakukan evaluasi diri apakah selama ini kita sudah cukup ikhlas dalam beramal atau tidak/Net
KOMENTAR

BERAMAL merupakan salah satu hal yang sangat dianjurkan oleh agama untuk dilakukan oleh umat manusia. Namun ada kalanya kita perlu untuk melakukan evaluasi ulang bagi diri sendiri, apakah selama ini kita sudah cukup ikhlas dalam beramal?

"Salah satu penyebab paling kuat dari persoalan hidup kita adalah niat yang tidak lillahita'ala dalam beramal," tulis pendakwah Abdullah Gymnastiar atau biasa disapa AA Gym dalam unggahannya di Instagram baru-baru ini.

Dia mengutip firman Allah yang tertuang dalam kitab suci Al Quran.

"Katakanlah: sesungguhnya shalatku, ibadah (kurban)ku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah, Tuhan semesta alam," (QS Al-An'am 6: 162).

Oleh karena itu, AA Gym mengajak masing-masing dari kita untuk memeriksa diri masing-masing, apakah sudah menjadi orang yang ikhlas dalam beramal atau belum?

Lebih lanjut dia menjelaskan soal tiga ciri orang yang beramal dengan ikhlas.

"Pertama adalah ketika dia beramal tidak ingin diketahui orang lain, tidak ingin menjadi populer," tulisnya.

Ciri kedua adalah tidak sibuk dengan amal besar atau amal kecil. Bagi orang yang ikhlas, hal terpenting baginya adalah beramal shalih.

Sedangkan ciri ketiga adalah orang ikhlas akan sabar. Karena sabar adalah buah dari ikhlas.

"Saudaraku, yang membuat hidup ini terasa berat adalah karena hati tidak ikhlas dalam beramal," tulisya.

"Mari kita bermujahadah, terus-menerus mengevaluasi diri dan memperbaiki setiap niat kita dalam beramal," tutupnya.




Hubbu Syahwat

Sebelumnya

Bukankah Aku Ini Tuhanmu?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Tadabbur