Ilustrasi obat Covid-19 remdesivir/ Net
Ilustrasi obat Covid-19 remdesivir/ Net
KOMENTAR

PT Kalbe Farma TBK baru saja mengumumkan siap mengedarkan obat Remdesivir ke rumah sakit dengan harga Rp 3 juta per dosis. Seperti tidak mau kalah, PT Kimia Farma (Persero), TBK juga akan melakukan hal yang sama. Menjual anti virus Covid-19 ke sejumlah rumah sakit.

Hal ini disampaikan Sekretaris Kimia Farma Ganti Winarno Putro, Kamis (1/10). "(Kalau Remdesivir) masih on progress," ujar dia.

Meskipun meniru jejak kompetitornya, namun ditegaskan Ganti, obat yang nantinya akan diedarkan Kimia Farma berbeda dengan Kalbe Farma, termasuk soal harga. Sayangnya, ia belum mau membocorkan kisaran harga yang dimaksud.

"Itu (Rp 3 juta per dosis) adalah produk milik Kalbe Farma. Akan berbeda dengan yang diregistrasikan oleh Kimia Farma. Harga kami belum bisa rilis, karena masih on progress," ucap Ganti.

Dalam pembuatan Remdesivir, Kimia Farma bekerja sama dengan perusahaan luar negeri yang memang sudah memiliki lisensi untuk produksi obat anti virus itu. Dan saat ini, sudah masuk dalam proses distribusi.

"Kerja sama dengan perusahaan yang memiliki lisensi, tentunya sudah memiliki lisensi untuk Remdesivir dan saat ini kami sedang proses finalisasi seluruh proses, mulai dari registrasi hingga distribusi," jabarnya.

Selain Remdesivir, yang juga akan diluncurkan adalah Favipiravir dan Fituno. Selain itu juga ada vitamin dan alat kesehatan lain guna mencegah penularan Covid-19.

"Saat ini, Kimia Farma Grup memproduksi dan mendistribusikan obat-obatan dan vitamin untuk pengobatan Covid-19 antara lain Favipiravir dan Fituno untuk meningkatkan daya tahan tubuh, Becefort untuk multivitamin. Alat kesehatan lainnya seperti masker, hand sanitizer, dan lainnya yang mendukung pemerintah dalam penanganan covid-19 di Indonesia," tegas Ganti.

Sebelumnya, Antivirus Covifor (Remdesivir) untuk pasien covid-19 akan diedarkan di Indonesia oleh PT Kalber Farma, TBK. Obat tersebut dibuat oleh perusahaan farmasi India, yaitu Hetero, dan diimpor ke Indonesia oleh anak perusahaan PT Amarox Pharma Global.

Vidjongtius selaku Presiden Direktur PT Kalbe Farma TBK menjelaskan, harga jual Covifor adalah Rp 3 juta per dosis.

 




Yuk, Lindungi Mata dari Bahaya Sinar UV

Sebelumnya

Mitos Micin Bikin Bodoh, Ahli: Tidak Ada Kaitannya!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health