Wanita Prancis melakukan aksi unjuk rasa terhadap kekerasan yang terjadi/ Net
Wanita Prancis melakukan aksi unjuk rasa terhadap kekerasan yang terjadi/ Net
KOMENTAR

ORGANISASI Prancis Femicide by Partners or Exes (Féminicides par compagnons ou ex) mengungkap fakta yang cukup mencengangkan.

Mereka mengatakan ada setiap hari, ribuan perempuan menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di Prancis. Kadang-kadang, pelecehan itu berakibat fatal: sejak awal tahun, setidaknya 66 wanita telah menyerah pada cedera yang ditimbulkan oleh pasangan saat ini atau sebelumnya.

Untuk meminimalisir risiko itu, pemerintah Prancis bersama kelompok advokasi menciptakan sebuah alat berbentuk gelang elektronik yang dirancang untuk memperingatkan korban kekerasan dalam rumah tangga jika penyerang mereka berada di dekatnya telah didukung.

Penciptaan alat itu dianggap penting untuk menegakkan perintah penahanan. Namun, bagi beberapa orang itu saja tidak cukup untuk mengakkan keadilan bagi para korban KDRT.

Pada 2019 data resmi pemerintah Prancis mencatat total 146 wanita tewas akibat KDRT, meningkat hampir 21 persen dari tahun sebelumnya.

Dalam upaya melawan meningkatnya kekerasan dalam rumah tangga, pemerintah Prancis mengusulkan sejumlah tindakan darurat tahun lalu, termasuk undang-undang yang mewajibkan pelaku kekerasan untuk memakai gelang elektronik. RUU yang resmi disahkan pada 19 Desember 2019 itu mulai berlaku pada Jumat (25/9) lalu.

Seperti pembuatan gelang elektronik, yang menyerupai jam tangan pintar besar, mengikuti gerakan pelaku dengan bantuan perangkat GPS. Korban juga dilengkapi dengan pelacak yang harus mereka pakai setiap saat.

Jika seorang pelaku melanggar ketentuan perintah penahanan mereka, atau berada terlalu dekat dengan rumah atau tempat kerja korban, gelang tersebut akan membunyikan alarm pertama yang memperingatkan mereka untuk mundur. Jika diabaikan, perangkat kemudian memberi tahu pusat kendali, yang kemudian menghubungi polisi.

Setiap gelang dilengkapi dengan baterai, yang memiliki masa pakai 48 jam sebelum perlu diisi ulang.

“Gagal melakukan itu dianggap pelanggaran,” kata Isabelle Rome, seorang pejabat senior di Kementerian Kesetaraan Gender, mengatakan kepada radio France Inter.

Sekitar 1.000 gelang siap digunakan di lima yurisdiksi di seluruh Prancis - termasuk Angoulême, Bobigny, Douai, Pontoise, dan Aix-en-Provence - di mana gelang tersebut akan didistribusikan pada awalnya berdasarkan kasus per kasus. Jika semuanya berjalan dengan baik, perangkat tersebut akan mulai digunakan secara umum pada 31 Desember 2020, menurut Kementerian Kehakiman negara itu.

Sementara kelompok-kelompok advokasi menyambut baik tindakan tersebut, beberapa justru khawatir bahwa penyebaran umum bisa memakan waktu lebih lama dari yang direncanakan.

"[Kita tidak boleh] lupa untuk mendukung para korban yang seharusnya mendapat manfaat dari perlindungan ini," kata Federasi Korban Prancis ( Fédération France victime) dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari AFP, Minggu (27/9).

“Para korban tidak dapat ditinggalkan begitu saja, dan harus dirawat serta didukung selama tindakan ini mulai berlaku (yang bisa memakan waktu enam bulan, atau bahkan dua tahun jika tertunda)," katanya.

Di bawah undang-undang baru, pengadilan pidana atau keluarga dapat meminta pelaku untuk memakai gelang elektronik sebagai bagian dari ketentuan perintah penahanan mereka.

Jika perintah tersebut dikeluarkan di pengadilan keluarga, maka terdakwa berhak untuk menolak, dalam hal ini hakim kemudian dapat memutuskan untuk membuka penyidikan pidana.

"Kami akan bertanya kepada pria yang melakukan kekerasan apakah dia setuju untuk membatasi gerakannya?" kata salah satu direktur organisasi (yang lebih suka tidak disebutkan namanya).

 




Bukan Salah Kartini

Sebelumnya

Yousra, Aktris Sekaligus Aktivis kemanusiaan Peraih Penghargaan Golden Tanit di Beirut International Women Film Festival 2024

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Women