post image
Atalia Kamil dalam ZoomTalk Farah.id/Farah
KOMENTAR

PANDEMIK virus corona atau Covid-19 membawa perubahan siginifikan dalam kehidupan sehari-hari banyak orang di dunia. Betapa tidak, pasalnya sejumlah aktivitas terpaksa dialihkan ke rumah, seperti kegiatan belajar-mengajar, bekerja dan olahraga.

Di situasi tersebut, ibu bisa memiliki peran penting dan bahkan sentral untuk mendukung aktivitas berjalan dengan baik.

"Seorang ibu dan perempuan perempuan dalam keluarga itu menjadi sosok yang sentral. Bagaimana mereka ini mempersiapkan secara luar biasa mulai dari urusan spiritual, otak, hati dan juga termasuk perut," ujar istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yakni Atalia Praratya atau Atalia Kamil yang juga populer dengan nama panggilan "Teh Cinta" dalam program ZoomTalk Farah.id bertajuk "Bincang Santai Penuh Inspirasi Bersama Teh Cinta" yang digelar pada Jumat (18/9).

Dia menjelaskan, terkait soal spiritual, ibu harus pintar-pintar menjaga diri dan mengingatkan anak-anak mengenai bagaimana menjaga diri dan mengingatkan kepada anak-anak mengenai pentingnya kedekatan kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

"Jadi ketika kegalauan datang, sebetulnya kita kembali berserah diri kepada Allah. Ini adalah kehendak dari Yang Maha Kuasa," jelasnya.

Bukan hanya itu, sosok ibu juga memiliki peranan besar untuk membangun momen-momen kebersamaan dengan keluarga.

"Sementara itu terkait fisik, ibu juga bisa mengambil peranan penting dalam menjaga anak-anak dari penularan Covid-19. Jangan lupa ya, 3M, menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Itu adalah bekal kebiasaan baik yang bisa diberikan orangtua pada anak," ujar Atalia.

Kemudian terkait urusan perut, sambung Atalia, sosok ibu juga bisa mengambil peranan dalam memberikan makanan yang bergizi bagi anak-anak dan keluarga.

"Nah saat ini beban ibu bertambah karena semua urusan di rumah menjadi dobel. Karena anak sekolah dari rumah, maka semua aktivitas dilakukan di rumah, maka makanan, cemilan dan cucian baju pun menjadi dobel," tuturnya.

Ibu juga bisa mengambil peranan penting sebagai pendamping anak dalam menjalankan proses belajar mengajar jarak jauh.

"Bagaimana mendampingin anak belajar dengan baik itu juga jadi pekerjaan rumah tersendiri bagi ibu. Tapi hal itu bisa dilakukan dengan cara kita mau membuka diri dan membuka wawasan kita," sambung Teh Cinta.

Di samping itu, masih kata Atalia, ibu juga bisa mengambil peranan untuk menjaga kesehatan emosional anak dan keluarga.

"Semuanya kembali kepada kita sendiri. Anak itu adalah peniru ulung. Mereka melihat dan meniru semua yang kita lakukan," sambungnya.

"Jadi, sebelum membuat anak kita bahagia, bahagiakan dulu diri kita," demikian Atalia. (F)

Close X

Menyibak Rintangan Yang Dihadapi Perempuan di Panggung Politik Amerika. Akankah Kamala Harris Mengubah Keadaan?

Sebelumnya

Diana Rikasari: Fashion Blogger Indonesia dengan Segudang Prestasi Mengagumkan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Women