Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

TAHUN ini, Tahun Baru Islam 1442 hijriyah jatuh pada hari Kamis, 20 Agustus 2020. Muharram menjadi bulan pertama dalam kalender hijriah tersebut.

Dalam hadits riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw. menyebutkan keistimewaan bulan Muharram yang kemuliaannya satu tingkat di bawah bulan Ramadan.

Dikisahkan, pada suatu hari seorang sahabat menemui Rasulullah dan bertanya, "Setelah bulan Ramadhan, di bulan apa puasa yang lebih afdhal?" Lalu, Rasulullah Saw. bersabda: "Puasa di bulan Allah, yaitu bulan yang kalian sebut dengan bulan Muharram." (Hadits riwayat Ibnu Majah).

Di malam pergantian Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H banyak muslim yang memanjatkan doa dengan berbagai harapan. Doa yang dipanjatkan tentu tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk seluruh keluarga.

Dilansir dari IslamicFinder, doa yang dibaca saat tahun baru bisa dilihat di kitab Al-Mu'jamul Awsat dari Imam Tabarani. Disebutkan juga para sahabat Rasulullah membaca doa ini saat pergantian bulan atau Tahun Baru Islam 1442 H.

Doa Tahun Baru Islam 1442 H

اللهم أَدْخِلْهُ عَلينا بِالأمْنِ وَالإيمان وَالسَّلامَةِ وَالإسْلام وَرِضْوَانٍ مِّنَ الرَّحْمن وِجوارٍ مِّنَ الشَّيْطان

Arab latin: "Allahumma adkhilhu 'alayna bil amni wal iman, was salamati wal islam, wa ridwanim minar Rahman, wa jiwarim minash shaytan."

Artinya: "Ya Allah, semoga (bulan atau tahun) baru ini membawa keamanan, iman, keselamatan, kesenangan, dan perlindunganMu dari setan."

Jika tak hafal doa ini, tak perlu khawatir, setiap kita bisa memanjatkan berbagai doa dan harapan sebagai pengharapan kebaikan pada Allah Swt.(F/ Berbagai sumber)

 




Bukankah Aku Ini Tuhanmu?

Sebelumnya

Ya Allah, Aku Belum Pernah Kecewa dalam Berdoa

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Tadabbur