1.000 jemaah Haji tiba di Mina/AFP
1.000 jemaah Haji tiba di Mina/AFP
KOMENTAR

SEBANYAK 1.000 jemaah berkumpul di Lembah Mina pada hari ini (Rabu, 29/7) untuk memulai hari pertama ibadah Haji.

Hari Tarwiyah (mengambil air) menandai awal ibadah Haji. Pada hari dimulainya ibadah Haji ini, tidak ada ritual besar yang dilakukan.
 
Para jemaah akan menghabiskan waktu mereka untuk shalat, berdoa, beribadah serta merenung sampai matahari terbit pada hari Kamis (30/7).

Ibadah Haji tahun ini memang terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena dilakukan di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 yang mengancam.

Karena itulah, Arab Saudi membatasi ketat jumlah jemaah haji tahun ini hanya sebanyak 1.000 orang. Mereka semua berasal dari dalam negeri, baik itu warga negara Arab Saudi itu sendiri maupun ekspatriat yang berada di Arab Saudi.

Dikabarkan Arab News, mereka yang terpilih untuk ambil bagian dalam ibadah Haji tahun ini harus mematuhi sejumlah protokol kesehatan, seperti pemeriksaan suhu, ditempatkan di karantina ketika mereka mulai tiba di Mekah, dan petugas kesehatan membersihkan barang-barang mereka.

Selain itu, para jemaah juga harus dites Covid-19 terlebih dahulu sebelum masuk tiba di Mekah. Mereka juga harus dikarantina setelah melaksanakan ibadah Haji.

Pada ibadah Haji sebelumnya, Mina biasanya menjadi situs kota tenda terbesar di dunia karena menampung sekitar 2,5 juta jemaah haji dari seluruh dunia.




Sempurnakan Salatmu Agar Terhindar dari Perbuatan Keji dan Mungkar

Sebelumnya

Penyebab Kehancuran Seorang Perempuan Menurut Ustazah Halimah Alaydrus

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Tadabbur