Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

BUNDA dan keluarga suka kimchi? Makanan fermentasi yang jadi menu khas Korea Selatan ini tak hanya lezat, sayuran dengan pasta cabai ini ternyata juga diklaim dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap Covid-19.

Dalam studi yang diterbitkan oleh jurnal Clinical and Translational Allergy, seorang ahli alergi yang pernah bekerja di WHO, Dr. Jean Bousquet menyebutkan bahwa kimchi telah dikaitkan dengan tingkat kematian yang rendah di Korea Selatan. Hal ini pula yang menjadi perhatiannya untuk meneliti kimchi dengan risiko Covid-19.

"Nutrisi pada kimchi kemungkinan dapat berperan dalam pertahanan kekebalan tubuh terhadap Covid-19 dan dapat menjelaskan beberapa perbedaan kasus yang terlihat di seluruh Eropa," tulis jean dalam studi tersebut, dilansir dari World of Buzz.

Studi ini juga menunjukkan, negara-negara yang menjadikan fermentasi sawi sebagai bagian penting dari makanan mereka, memiliki tingkat kematian yang rendah. Negara-negara ini termasuk Austria, Negara Baltik, Republik Ceko, Finlandia, Norwegia, Polandia, Slovakia dan bahkan Jerman.

Sawi mengandung antioksidan yang tinggi, serta sawi yang difermentasi membantu menurunkan kadar ACE2. ACE2 adalah enzim yang digunakan oleh virus Covid-19 untuk memasuki paru-paru. Jadi, ketika ACE2 berkurang, virus akan kesulitan untuk memasuki paru-paru.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health