Ensiklopedia peninggalan Dinasti Ming/Net
Ensiklopedia peninggalan Dinasti Ming/Net
KOMENTAR

DUA buah volume ensiklopedia China kuno yang langka terjual lebih dari 9 juta dolar AS dalam sebuah pelelangan yang digelar awal pekan ini. Angka ini jauh lebih tinggi 1.000 kali lipat dari harga yang diperkirakan sebelumnya.

Ensiklopedia, yang dikenal sebagai Yongle Dadian, pada awalnya ditugaskan oleh Kaisar Yongle, penguasa ketiga Dinasti Ming, yang memerintah dari tahun 1402 hingga 1424.

Kaisar Yongle adalah pemimpin yang kuat yang memimpin tahun-tahun paling kuat dari Dinasti Ming.

Menurut keterangan dari rumah lelang yang berbasis di Paris, Beaussant Lefèvre, lebih dari 2.000 cendikiawan mengerjakan ensiklopedia tersebut antara 1404 hingga1408.

Yongle Dadian sendiri adalah ensiklopedia terbesar di dunia, dan awalnya terdiri dari 22.877 bab.

Kemudian pada tahun 1562, Kaisar Jiajing, penguasa Ming ke-11, memerintahkan dua salinan ensiklopedia untuk dibuat, tetapi versi aslinya hilang karena banyaknya perang, pencurian, dan kebakaran yang terjadi di bawah Dinasti Ming antara tahun 1368 hingga 1644.

Dikabarkan CNN, ensiklopedia yang dilelang awal pekan ini merupakan dua volume salinan dari versi aslinya. Ensiklopedia ini sangat jarag ditemukan dan diketahui hanya ada 400 volume salinan yang diketahui ada. British Library memiliki 24 volume ensiklopedia tersebut.

Salinan ensiklopedia tersebut ditulis dengan tinta merah dan hitam di atas kertas. Meski teknik pencetakan telah dikembangkan pada saat itu, namun salinan ensiklopedia tersebut ditulis dengan tangan.

Satu jilid ensiklopedia tersebut berisi soal danau-danau di China, sedangkan satu lainnya berisi tentang upacara pemakaman.
 
Dua salinan ensikopedia itu dibeli oleh satu orang pembeli yang tidak disebutkan namanya.




Menaker Ida Fauziyah di International Labour Conference 2024: Indonesia Usung Misi Perlindungan Pekerja, Kesetaraan, dan Keberlangsungan Usaha

Sebelumnya

KBRI Kairo Resmikan Gerai Ban dan Pelek Kendaraan Indonesia di Kota Madinaty Mesir

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News