Salah satu aplikasi belajar Al-Quran yang menarik untuk anak-anak, yakni Juz Amma For Kids/Net
Salah satu aplikasi belajar Al-Quran yang menarik untuk anak-anak, yakni Juz Amma For Kids/Net
KOMENTAR

RAMADHAN tahun ini banyak hal yang berbeda. Hampir semua kegiatan sehari-hari dan ibadah dilakukan di rumah. Hal itu sejalan dengan imbauan pemerintah agar mencegah penularan virus corona atau Covid-19.

Jika mau melihat lebih dekat, hal ini sebenarnya merupakan kesempatan baik bagi orangtua untuk mengajarkan anak belajar Al-Quran.

Seiring perkembangan zaman dan gaya hidup anak-anak saat ini, Ayah-Bunda bisa menyesuaikannya dengan melibatkan gadget atau ponsel pintar.

Belajar Al-Quran pun bisa dilakukan dengan berbagai aplikasi Al-Quran. Melansir Liputan6, ada tiga aplikasi belajar Al-Quran yang cocok untuk anak-anak.

1. Juz Amma For Kids

Surat-surat pendek di Al-Quran atau yang sering disebut Juz Amma selalu dibaca saat salat. Momen Ramadan bisa jadi waktu yang tepat bagi orangtua untuk mengajari anak mengenal berbagai surat pendek di Al-Quran.

Orangtua yang ingin mengajari anaknya pun bisa memanfaatkan aplikasi Juz Amma For Kids besutan pengembang Annisa Cipta Informatika yang terbagi dalam 3 part untuk membantu anaknya belajar dan menghafal surat-surat pendek.

Tampilan aplikasi yang penuh warna dengan gambar latar belakang yang bisa diganti tentu dapat menambah semangat anak saat belajar menghafal surat-surat pendek.

2. Belajar Iqra dengan Audio

Sebelum berkenalan dengan Alquran, biasanya guru mengaji akan memperkenalkan anak dengan buku Iqra. Iqra menjadi pengantar anak mengenal huruf-huruf Hijaiyah dan menggabungkan huruf menjadi kalimat pendek maupun panjang yang nantinya ditemui di Quran.

Aplikasi Iqra rupanya juga bisa ditemukan di toko aplikasi, salah satunya adalah Belajar Iqra dengan Audio. Aplikasi ini memungkinkan anak-anak untuk mendengarkan audio atau bunyi bacaan sehingga mereka akan lebih mudah dalam menyebut huruf Hijaiyah.

Dengan tampilan menarik berwarna-warni, aplikasi bisa digunakan oleh orangtua menjadi satu media untuk mempelajari Alquran di bulan Ramadan.

3. Belajar Mengaji Al-Quran

Aplikasi Belajar Mengaji Al-Quran bisa dengan mudah ditemukan di toko aplikasi Google Play secara gratis. Aplikasi ini bisa dibilang cocok buat anak-anak karena tampilannya yang penuh warna dan animasi yang menyegarkan.

Aplikasi besutan Nayaka Studio ini sudah diunduh lebih dari 50 ribu kali di perangkat Android dengan review yang bisa dibilang cukup baik. Lewat aplikasi ini, anak bisa mulai mengenal huruf Hijaiyah dan tanda baca Al-Quran.




Dengarkan Remajamu

Sebelumnya

Bunda, Yuk Persiapkan Mental Si Kecil untuk Semangat Kembali ke Sekolah

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Parenting