post image
KOMENTAR

KESEHATAN anak adalah hal paling penting dalam kehidupan kita, ya Bunda. Bahkan terkadang Bunda dinilai terlalu over protective ketika sudah berbicara tentang anak-anak. Terlebih saat pandemi seperti saat ini, ya.

Memang, dari total kasus Corona di China, hanya dua persen yang menjangkiti anak-anak. Gejala yang ditimbulkan dari virus covid-19 pada anak lebih ringan. Dari beberapa penelitian, hal ini disebabkan karena reseptor dan sitokin pada anak lebih kecil dibandingkan orang dewasa.

"Cara penularan virusnya tetap sama, yaitu melalui droplet atau percikan lewat batuk atau bersin. Namun karena pada adak reseptor dan sitokinnya lebih kecil dibanding dewasa, maka antibodi tidak terlalu aktif menyerang virus yang datang," jelas dr Syarif Rohimi, SpA (K) saat live Instagram @ninanugrohostore, Sabtu (9/5).

Meskipun anak-anak tidak memiliki gejala yang jelas, hal ini justru harus mendapat perhatian besar. Sebab, anak-anak bisa saja menjadi orang tanpa gejala (OTG) yang nantinya dapat menjadi carrier atau penular virus. Untuk itu, menjaga imunitas anak wajib diperhatikan oleh Bunda. Makanan 4 sehat 5 sempurna harus disajikan dalam pemberian asupan sehari-hari.

"Perbaki berat badan anak hingga mencapai ideal, karena berat badan yang ideal akan sangat mempengaruhi imunitas anak. Berikan ASI eksklusif, karena di dalam ASI ada antibodi dan kolesterum yang dibutuhkan anak. Jangan lupa berikan vitamin komplit atau multivitamin. Berikan pula edukasi pada anak, yaitu cara mencuci tangan yang benar dan memakai masker, serta edukasi kesehatan lainnya," saran dr Syarif yang juga Ketua Divisi Kardiologi Anak RS Anak dan Bunda Harapan Kita itu.

Selain itu, sediakan obat-obatan sebagai pertolongan pertama pada anak. Dokter yang juga tim media Yayasan Sentuhan Kasih ini menyarankan Bunda untuk menyetok obat batuk biasa maupun obat panas. Untuk obat panas, jika berat badan akan berada di bawah 10 kilo, obat panasnya cukup yang mengandung parasetamol.

"Intinya, tingkatkan imunitas anak, hindari anak untuk kontak langsung dengan orang lain. Berikan mereka makanan bergizi dan susu serta multivitamin. Selebihnya, serahkan kepada Allah. Karena pada dasarnya, Allah telah menyiapkan antibodi sejak manusia lahir. Manusia diberikan kulit, diberikan lendir di dalam hidung, itu adalah bentuk antibodi alami," tutup anggota tim ahli Congental Rubella Syndrome Kemenkes RI. (F)

 

Close X

Ingin Bebas Financial Stress Saat New Normal, Jangan Tunda 2 Langkah Ini

Sebelumnya

Jaga HAM, Korsel Rilis Pedoman Penampilan Anak Di Konten YouTube

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Farah Family