post image
Shireen Sungkar
KOMENTAR

RAMADAN di tengah pandemi memberi impact positif bagi ibu-ibu rumah tangga, loh. Banyak kreasi masakan dan menu berbuka puasa yang bisa dibuat.

Seperti halnya keluarga selebriti yang satu ini. Shireen Sungkar selalu mencoba berbagai macam resep masakan yang dimodifikasi sendiri sesuai dengan selera anak-anak dan suami. Salah satu yang menjadi andalan Shireen untuk memanjakan lidah keluarga kecilnya adalah 'Puding Roti Umm Ali'.

"Makanan yang satu ini disebut ala-ala restoran, loh. Resep aslinya itu manis banget, makanya aku modifikasi sesuai selera. Kalau nggak mau kental tinggal kurangi creamnya dari satu cup jadi setengah cup aja. Atau banyakin susunya dan diganti isiannya, boleh aja. Nggak akan mengubah teksturnya, kok," kata Shireen saat Live Streaming MCSF 2020, Sabtu (9/5).

Gimana cara bikinnya? Yuk, disimak!

1. Siapkan roti (boleh roti tawar, tapi yang paling enak roti croisant). Potong roti segi empat kecil-kecil, lalu letakkan di loyang yang sudah ditaburi tepung. Olesi roti dengan telur agar mengembang. Panggang roti dalam suhu 220 derajat selama 20 menit.

2. Buat adonan putih. Siapkan panci, masukkan susu full cream (2 cup), whipping cream (1 cup), didihkan dengan api kecil. Setelah mendidih, campurkan susu kental manis (150 gr), aduk hingga rata. Masukkan bubuk kayu manis (1 sendok teh) dan batang kayu manis, serta gula (1 sendok makan/bisa diskip sesuai selera). Tips, adonan putih jangan terlaly mendidih, karena takut cream pecah. Diamkan.

3. Siapkan tempat alumunium foil. Susun roti yang sudah dipanggang, kemudian campurkan dengan biskuit, kelapa parut yang sudah dikukus, kacang pistasio, dan kacang almond. Setelah rata, tuangkan cream (adonan putih) hingga terendam. Susun ulang roti panggang dan teman-temannya di atas adonan putih.

4. Buat cream kental. Tuang whipping cream dan campur dengan gula halus. Mixer dengan kecepatan tinggi hingga mengembang. Tips, gunakan whipping cream dengan rasa vanilla extract (cari yang non alkohol biar halal). Setelah halus, oleskan cream kental di atas susunan roti panggang tadi.

5. Lengkapi dengan garnish: pistasio, almond, dan cinnamon.

6. Panggang dengan suhu 180 derajat selama 5-10 menit.

"Nah, kalau sudah jadi, sajikan dengan menu favorit masing-masing, deh. Kalau keluarga saya sangat suka gorengan, tahu goreng, risoles, dan bakwan jagung. Selamat mencoba, ya," tutup istri Teuku Wisnu ini. (F)

Close X

Kiat Membangun Personal Branding ala World Hijab Day Ambassador Trifty Qurrota

Sebelumnya

Kisah Mualaf dr. Tirta: Ini Jawaban Umroh Bapakku!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Farah C&E