drg. Vita
drg. Vita
KOMENTAR

MULUT memiliki peran penting dalam tubuh manusia. Dan rongga mulut kini menjadi bagian yang sangat krusial untuk dijaga, lantaran penyebab utama penularan Covid-19 adalah dari droplet yang keluar dari rongga mulut.

Sayangnya, di masa pandemi seperti saat ini, upaya memelihara kesehatan mulut dan gigi terganggu. Sebab, kita tidak lagi leluasa memeriksakan gigi ke dokter.

“Ya, untuk saat ini tunda dulu pergi ke dokter gigi. Jika tidak mengalami gejala serius, sebaiknya tidak memeriksakan kesehatan gigi dan rongga mulut ke dokter spesialis. Karena hal tersebut sangat rentan untuk penularan covid-19,” tegas Dr Vita saat Live Streaming acara Muslimah Creative Stream Festival (MCSF) 2020, Jumat (8/5).

drg. Vita menjelaskan, ada empat hal yang sangat emergensi dan penanganannya dapat dilakukan oleh dokter gigi. Yaitu apabila pasien merasakan nyeri yang sangat hebat dengan skala 5-10. Kemudian pendarahan berat, pembengkakan yang menyebabkan pasien kesulitan untuk bernapas, dan gigi patah.

“Jika tidak mengalami kejadian emergensi seperti di atas, sebaiknya tetap di rumah. Jika mengharuskan pasien meminum obat, lakukan dulu konsultasi dengan dokter secara online,” kata dokter gigi sekaligus influencer ini.

Untuk tindakan perawatan di rumah, drg. Vita membagikan tipsnya:

1.Sikat gigi dengan cara yang benar

Cara yang benar dalam menyikat gigi adalah harus memperhatikan kondisi sikat gigi terlebih dahulu. Lalu, lakukan dengan cara menyikat dari arah dalam menuju luar.

2.Sikat gigi di waktu yang benar

Saat Ramadan seperti sekarang ini, sikat gigi dapat dilakukan setelah sahur, lalu dijedakan 15 menit karena saat itu ph di rongga mulut sudah normal. Sikat gigi pula setelah berbuka puasa, dijedakan 1 jam setelah makan.

3.Jangan biarkan rongga mulut dalam keadaan kering, karena bakteri senang berada dalam rongga mulut yang kering. Karena itu, jangan tinggalkan shalat sebab shalat mengharuskan kita berwudhu.

 




Universitas Mercu Buana Sumbang Dua Sumur Resapan di Masjid At Tabayyun

Sebelumnya

Didukung Jago Syariah, Halal Fair 2024 Siap Melejitkan Pasar Produk Halal Yogyakarta

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E