Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

IBADAH puasa di bulan ramadhan tidak lengkap rasanya jika tidak diisi dengan kegiatan sahur. Selain untuk mengisi energi tubuh sebelum berpuasa, sahur ternyata memiliki keistimewaan tersendiri yang sarat nilai dan makna.

"Pertama sahur itu anjuran nabi. Bahkan ada hadis, Allah beserta malaikatnya berselawat, yakni melimpahkan rahmat dan mendoakan orang yang sahur," jelas Pendiri Pusat Studi Alquran M. Quraish Shihab dalam program Shihab & Shihab di akun YouTube Najwa Shihab akhir pekan kemarin (Minggu, 26/4).

Quraish Shihab menjelaskan, makna sahur itu sangat mendalam, bahkan nabi berpesan, "bersahurlah walau hanya sebiji kurma atau setegak susu".

"Sahur itu memang pada dasarnya diistilahkan dengan makanan ringan. Tapi tentu ada, selain makanan, yang diharapkan diperoleh dari bangun malam sahur itu," ujarnya.

"Bukan hanya untuk memberikan kekuatan berpuasa, tapi juga membiasakan diri bangun malam. Membiasakan diri untuk tidak melaksanakan rutinitas kita," jelas Quraish Shihab.

Keistimewaan sahur lainnya lainnya, sambungnya, adalah kita diminta untuk merenung. Itulah mengapa, waktu terbaik untuk melafalkan niat berpuasa bukan di awal ramadhan atau malam setelah tarawih, melainkan ketika waktu sahur.

"Niat harian itu dianjurkan, bahkan Imam Syafi'i berkata 'harus setiap malam' (niat berpuasa)," tuturnya.

"Karena apa? Niat itu fungsinya instrokpeksi. Saya besok mau puasa, kemarin saya sudah puasa tapi rasanya ada yang kurang. Saya ingin sempurnakan yang kurang itu besok," tambah Quraish Shihab.

Dengan demikian, keistimewaan sahur itu sendiri ada pada bagaimana kita menjalankan waktu sahur dan waktu antara imsyak dan subuh.

"Jangan hanya bagun untuk makan lantas tidur," ujarnya.

"Dengan sahur, kemudian ada imsak. Imsak itu sebelum subuh. Nah di waktu imsak itu dianjurkan kita melaksanakan salat sebelum fajar. Biasanya kita bangun azan. Sudah hilang itu sunah yang diajarkan nabi untuk salat sebelum fajar," jelas Quraish Shihab.

"Dengan sahur, waktu yang kita peroleh dari sahur itu di samping merenung, boleh jadi membaca Al-quran, boleh jadi mendengar nasihat. jadi itu sebenarnya tujuan dari sahur," tegasnya.




Menyambungkan Jiwa dengan Al-Qur’an

Sebelumnya

Sempurnakan Salatmu Agar Terhindar dari Perbuatan Keji dan Mungkar

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Tadabbur