Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

SUDAH dua minggu anak-anak tidak bersekolah. Sama seperti orang dewasa, selama Pandemi Corona anak-anak diwajibkan belajar di rumah.

Bosan, itu sudah pasti. Apalagi Anda tidak bisa 24 jam menemani mereka. Meninggalkan anak-anak dengan smartphone, akhirnya menjadi satu-satunya pilihan mengusir kejenuhan buah hati.

Gawai memang jadi pisau bermata dua untuk tumbuh kembang anak. Di satu sisi ada ancaman kecanduan, namun di sisi lain mustahil melarang mereka untuk lepas sama sekali dari game di smartphone.

Untuk mengurangi rasa kekhawatiran tersebut, Bunda bisa menyodorkan game edukatif yang bisa di dapat di playstore. Beberapa di antaranya:

1. Game Teach Your Monster to Read

Game ini mengajak anak membuat monster. Kemudian, monster akan berpetualang mengumpulkan harta Karun dan mengalahkan beberapa tantangan. Tapi masalahnya, monster tersebut tidak bisa membaca. Nah, tugas anak mengajari monster untuk membaca. Game ini cukup oke mengajak anak mengenal huruf, kata, dan belajar membaca.

2. Game Seru Endless dari Originator Inc.

Di sini ada beberapa game yang ditawarkan, seperti Endless Alphabet, Reader, Numbers, sampai Wordplay. Game ini termasuk simple dimainkan namun punya konten dan nilai edukasi yang baik untuk anak.

3.  Pet Bingo

Ini adalah game gratis dari Duck Duck Moose. Game ini menawarkan simulator hewan peliharaan, permainan bingo,. Dan game matematika. Jika berhasil menyelesaikan, anak akan mendapatkan hadiah binatang kecil untuk dirawat.

4. Minecraft

Game ini membawa anak ke sebuah dunia kosong dan mereka harus menambang untuk mendapatkan suatu bahan khusus. Nah, bahan ini kemudian dipakai untuk membuat benda-benda. Di sini anak bisa berkreasi tanpa batas.

5. Game Anak Edukasi Hewan Laut

Game ini berbahasa Indonesia dan punya banyak mode. Di sini anak belajar mengenal hewan, mewarnai, bermain puzzle, sampai tebak hewan dan tebak bentuk hewan laut.

6. The Deep Sea and The Size of Space dari neal.fun

Ini bukan game, tapi laman web interaktif. Hanya dengan modal scrol, sudah banyak hal bisa dipelajari. Misalnya Deep Sea, anak akan diajak mengenal hewan-hewan bawah laut sampai kedalaman 10.000 meter. Lalu ada Size of Space, yaitu pelajaran mengetahui perbandingan ukuran benda yang ada di luar angkasa. Dari astronot sampai Sagittarius A*, supermassive black hole, yang besarnya hampir 19 kali matahari.




Seringkali Diabaikan dan Tidak Dianggap, Waspadai Dampak Depresi pada Anak Laki-Laki

Sebelumnya

Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting