Tempe dan kurma/Net
Tempe dan kurma/Net
KOMENTAR

INFLAMANTORY bowel disease atau radang usus adalah peradangan pada saluran pencernaan yang ditandai dengan adanya iritasi hingga luka. Radang usus dapat menimbulkan gejala berupa diare, nyeri perut, dan berat badan turun. 

Radang usus dapat terjadi pada semua usia, namun lebih sering ditemukan pada usia 15-30 tahun. Penyebab pasti radang usus belum diketahui, tetapi diduga terkait dengan gangguan sistem kekebalan tubuh.

Sistem kekebalan tubuh berfungsi melawan infeksi bakteri atau virus. Namun pada penderita autoimun, upaya perlawanan tersebut malah menyerang jaringan tubuh sendiri, yang dalam hal ini adalah usus.

Selain autoimun, seseorang lebih berisiko mengalami radang usus akibat beberapa hal di bawah ini:

·     Memiliki kebiasaan merokok.

·     Tinggal di dekat kawasan industri.

·     Sering mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS).

·     Berusia di bawah 35 tahun.

Gejala radang usus bervariasi, tergantung pada lokasi peradangan pada saluran pencernaan. Gejala tersebut meliputi:

·      Nyeri perut atau kram perut

·      Perut kembung

·      Diare

·      Selera makan berkurang

·      Berat badan turun

·      BAB berdarah (hematochezia)

Nah, menurut dr Zaidul Akbar, pencetus Jurus Sehat ala Rasulullah (JSR), herbal ampuh untuk mengatasi masalah peradangan pada usus tersebut adalah dengan mempertemukan prebiotik (kurma) dengan prebiotik (tempe mentah, bakteri baik).

“Pencampuran ini akan menghasilkan usus yang bahagia, pencernaan yang lebih baik, dan masalah radang, maag, leaky gut, autoimun, dan berbagai masalah di usus serta pencernaan kita bisa berkurang bahkan sembuh karena tersuplai dengan bakteri baik, enzim, dan berbagai hal baik lainnya,” papar dr Zaidul Akbar dalam ig @kajiankesehatanislam.

Cara mencampurkannya pun cukup mudah, bisa dibuat sandwich tempe (tempe plus kurma) atau jus tempe.

Untuk membuat jus tempe, langkahnya:

1.    Potong tempe mentah (tempe non GMO), 3-5 butir kurma, jahe 1-2 ruas, madu, seujung sendok garm himalaya, air secukupnya.

2.    Blender semua bahan dan minum sebelum makan atau sebelum tidur, 1-2 kali sehari.

“Rasanya? Enak, tak seseram yang saya bayangkan. Apalagi saya tambahkan sedikit bubuk kayu manis. Masya Allah, tabarakallahu. Maklum, saya baru nemu tempe. Jadi baru pertamakali nyoba makan yang mentah-mentah. Awalnya rada gimana, gitu. Eh, ternyata enak,” ucap pemilik akun rhosa_liena.




Manfaat Kesehatan Air Lemon untuk Bantu Wujudkan Berat Badan Proporsional

Sebelumnya

8 Langkah Cegah Kerontokan Rambut Saat Puasa

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health