KOMENTAR

DI musim panas, negara-negara Eropa biasanya menyelenggarakan berbagai festival. Begitu juga dengan Hongaria yang mengadakan berbagai festival budaya untuk masyarakat Hongaria di musim panas 2019 ini.

Hal ini bertujuan untuk menarik wisatawan mancanegara untuk berlibur ke Hongaria.  Ada 10 Summer Festival yang berlangsung di negara ini selama bulan Juni hingga Agustus 2019.

KBRI Budapest bersama sanggar seni binaan KBRI dan pencinta Indonesia sangat berbangga mendapatkan kesempatan tampil di berbagai panggung di Hongaria dalam musim panas tahun ini.

Seperti di Festival Kolorado yang merupakan festival musik kontemporer di Nagykovacsi, Hongaria. Dalam festival ini Indonesia menampilkan kesenian gamelan yang dibawakan secara apik oleh Group Seni Surya Kencana A yang beranggotakan warga negara Hongaria, alumni Beasiswa Darmasiswa RI.

Kemudian dalam Night at the Museum, Indonesia berkesempatan tampil di dua museum besar di Hongaria yaitu di Ferenc Hopp Museum of Asiatic Arts menampilkan tari dan musik tradisional Indonesia sedangkan di  Kunsthalle (Institution of Hungarian Academy of Arts) menampilkan kolaborasi gamelan dengan alat musik modern berupa gitar listrik yang dbawakan oleh Pemusik Hongaria, Bernard Atom.

Pertunjukan kesenian Indonesia selalu mendapatkan sambutan yang meriah dari para penonton.

Salah seorang pengunjung pada Kunsthalle (Institution of Hungarian Academy of Arts) menyampaikan bahwa ini merupakan kali pertama dia melihat live performance dari musik tradisional gamelan dan merasa kagum akan suaranya yang membawa efek menenangkan.

Dia juga merasa takjub melihat dan menyaksikan gamelan Indonesia dapat berkolaborasi dengan alat musik modern seperti gitar listrik dan menghasilkan nada-nada yang harmonis.

Duta Besar RI untuk Hongaria, A.H. Dimas Wahab menyampaikan bahwa  Pertunjukan Budaya Indonesia pada festival-festival musim panas di Hongaria merupakan salah satu wujud komitmen KBRI Budapest dalam mempromosikan  Indonesia di Hongaria.

 

”Secara data tidak didapat dihitung dengan angka pasti, namun kami meyakini bahwa pertunjukan-pertunjukan ini sedikit banyak akan menimbulkan rasa tertarik masyarakat Hongaria terhadap Indonesia baik secara budaya maupun dari kekayaan alamnya, lalu diharapkan mereka akan berkunjung ke Indonesia.”

Ditambahkan oleh Dubes Dimas, bahwa dengan sasaran kaum muda Hongaria, pertunjukan-pertunjukan ini juga diharapkan dapat menarik mereka untuk mengetahui lebih banyak mengenai Indonesia dan nantinya akan mendorong mereka menjadi Indonesianis.

”Orang muda-muda itu adalah calon pemimpin Hongaria, dan apabila mereka mencintai Indonesia, harapan saya, dalam setiap keputusan-keputusan penting, mereka tetap akan menyimpan Indonesia di hati  dan sedikit banyak menaruh kepentingan Indonesia di depan.”

Pada Musim Panas 2019, Kesenian Indonesia akan tampil di 5 Festival Musim panas di Hongaria. Setelah Kolorado dan Night at the Museum, Indonesia juga akan tampil di Cseszek Festival,  Babel Sound Festival dan Agárd –Percussion Festival.

(Sumber Pensosbud KBRI Budapest)




Potensi Tsunami Masih Ada, Warga Diminta Waspadai Erupsi Gunung Ruang

Sebelumnya

Fasilitas Kesehatan Hancur, Sebanyak 562 Warga Palestina Menderita Hemofilia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News