KOMENTAR

HEWAN yang sangat menyukai air ini memiliki tubuh yang besar. Beratnya bisa mencapai 4,5 ton dan panjang tubuhnya yang bisa sampai empat meter.

Ia merupakan binatang darat terbesar ketiga di dunia, setelah gajah semak Afrika dan badak putih. Kuda nil dalam bahasa Inggris disebut dengan hippopotamus yang berasal dari bahasa Yunani yang berarti kuda air.

Mengutip Livescience kuda nil bisa tetap hidup selama 5 menit di dalam air tanpa mengambil napas sama sekali.  Tidur dan melahirkan pun di dalam air.

Kuda nil tidak kuat akan panas. Ia harus selalu berendam. Jika berada di lingkungan yang panas dan tidak berendam di air, kulit kuda nil akan menjadi pecah-pecah. Kulitnya yang mudah mengalami pecah-pecah inilah maka kulit kuda nil biasanya mengeluarkan cairan yang mengandung antibiotik, penangkal matahari, dan juga pelembap.

Namun, tahukah Anda bahwa cairan keringat kuda nil itu ternyata berwarna merah muda?

Kuda nil mengeluarkan keringat berupa cairan berminyak berwarna kemerahan dari kelenjar khusus di kulit mereka. Penemu pertama cairan ini menamakannya sebagai “blood sweat” atau keringat darah.

Kulit mereka sangat sensitif terhadap kekeringan dan sengatan matahari, sehingga sekresi cairan ini dilakukan sebagai salep kulit otomatis. Cairan ini juga melindungi kulit ketika kuda nil ada di dalam air.




Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Sebelumnya

BMKG: Hujan Intensitas Ringan Hingga Lebat Berpotensi Guyur Sebagian Besar Wilayah di Indonesia Sepanjang Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News