KOMENTAR

UNTUK Anda yang mulai mudik, jika mendapati kejadian kegawatdaruratan kesehatan pada saat perjalanan. Jangan ragu untuk menghubungi layanan cepat tanggap darurat Public Safety Center (PSC) 119.

Menteri Kesehatan RI, Nila F. Moeloek menyatakan bahwa pemerintah telah menyiapkan 188 PSC 119 untuk mendukung kelancaran dan keamanan saat mudik.

“Pelayanan ini siap siaga selama 24 jam, jadi jangan ragu untuk menghubungi PSC. Kita akan siap melayani para pemudik kapan pun dan dimana pun,'' kata Menkes Nila Moeloek, Minggu (26/5).

PSC 119 memiliki jaringan yang terintegrasi dan terpadu di beberapa daerah. ''National Commando Centre (NCC) PSC 119 ini terpusat di Kementerian Kesehatan. Apabila ada kejadian di suatu daerah, maka komando pusat akan menghubungi PSC 119 terdekat dari titik peristiwa,'' ujar Menkes Nila Moeloek.

''Jika di daerah tempat terjadi peristiwa tidak memiliki PSC 119, maka komando pusat akan langsung berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat dan puskesmas/rumah sakit terdekat untuk melakukan pertolongan pertama gawat darurat dan stabilisasi bagi korban,'' tambahnya.

Sejak tahun 2016, layanan cepat tanggap darurat 119 terus melakukan inovasi. Salah satunya inovasi ambulans roda dua untuk mempercepat jangkauan ke lokasi peristiwa kegawatdaruratan kesehatan. Menurut Nila ambulans roda dua ini cukup efektif saat lalu lintas sedang padat dan menjagkau area yang sulit dijangkau dengan kendaraan roda empat.

''Jika terjadi kejadian kegawatdaruratan, ambulans roda dua ini di setting untuk meluncur terlebih dahulu ke lokasi untuk melakukan pertolongan pertama. Barulah ambulans roda empat menyusul untuk mengevakuasi korban,'' tangkas Nila.




Dewan Pers: Kepala Sekolah Jangan Takut Hadapi Oknum yang Salahgunakan Profesi Wartawan

Sebelumnya

Pemerintah Tunda Pemberlakuan Kewajiban Sertifikasi Halal Produk UMK Hingga Oktober 2026

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News