KOMENTAR

DI India, kita banyak menjumpai kaum Muslim. Di bulan Ramadan, ada tradisi dari Muslim India yang juga unik.

Pada akhir bulan Sya’ban untuk menyambut Ramadan, mereka membersihkan diri. Kaum pria biasanya mengenakan pakaian tradisi etnis Muslim yang di sebut Kurta atau Salwa-Kameez. Para pria muslim India akan memakai celak di matanya. Mata mereka akan dihiasi dengan kohl, sejenis celak mata atau eyeliner.  Untuk para wanita,  biasanya membersihkan rumah adalah hal yang wajib untuk menyambut bulan suci Ramadhan agar dapat lebih fokus dan hikmat saat menjalankan ibadah Ramadhan.

Masyarakat India bersahur dengan meminum minuman yang terbuat dari kacang–kacangan atau biji–bijian, yang disebut harir. Selain harir, masyarakat India juga memakan peni atau shiwani seperti mie yang digoreng kering. Dihidangkan bersama susu. Selama bulan Ramadhan, peni banyak sekali dijual di jalanan, khususnya kawasan Muslim. Sedangkan untuk berbuka, disajikan kurma, segelas air, samosa, pakodas (gorengan), buah segar atau jus (sharbat). Di sepanjang jalan menjelang buka puasa, aneka gorengan kerap dijajakan di India bagian utara. Gorengan seperti samosa dan pakoris merupakan yang paling favorit.

Setiap masjid menyediakan ganghui, sejenis sup yang di buat dari terigu, beras, dan potongan daging. Makanan ini biasanya menu wajib yang di sediakan di masjid untuk berbuka puasa.

Bukan hanya itu, ada lagi jenis makana lain yang menjadi khas masyarakat India selama Ramadan. Yaitu Hyderabadi Haleem. Makanan sejenis bubur ini sudah ada sejak abad ke-19 dan diperkenalkan oleh orang Arab di India. Terbuat dari daging sapi atau kambing, kacang lentil dan gandum, ketiga bahan utama ini ditumbuk hingga menjadi butiran halus. Proses memasaknya lumayan lama, dimasak di api kecil dengan kayu bakar selama 12 jam dalam kuali, dan diaduk terus menerus hingga teksturnya lengket dan halus. 

Selain Hyderabadi Haleem, ada juga panganan bernama Pakora. Makanan ini adalah makanan khas India yang memiliki struktur sangat memikat dan sederhana. Bentuknya mirip seperti jamur crispy di Indonesia. Biasa disajikan untuk berbuka puasa.

Pakora biasanya disajikan bersama saus, mayonaise, atau kecap untuk menambah cita rasanya.

Wah, banyak sekali ya, jenis makanan berbuka di India.




Hubbu Syahwat

Sebelumnya

Bukankah Aku Ini Tuhanmu?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Tadabbur