Opening Indonesia International Islamic Fair 2019 di Balai Kartini (09/0/19)-Foto: Ovi Shofianur
Opening Indonesia International Islamic Fair 2019 di Balai Kartini (09/0/19)-Foto: Ovi Shofianur
KOMENTAR

INDONESIA INTERNATIONAL ISLAMIC FAIR 2019 resmi dibuka oleh Ibu Muzdalifah (mewakili keluarga Presiden Joko Widodo) di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (09/05/19). IIIF 2019 akan berlangsung pada 9 - 11 Mei 2019. Acara bertaraf international ini digelar untuk kali pertama dengan mengambil tema "Sejarah Kiswah". IIIF 2019 menghadirkan pameran produk, talkshow, juga berbagai kompetisi.

Starring Committee IIIF 2019 Anna Mariana menjelaskan tentang hubungan tenun Indonesia dgn kiswah. Menurut Anna, proses pembuatan keduanya sama yaitu dengan menenun secara tradisional.

Bicara tentang khazanah budaya dan wastra nusantara, Anna dalam sambutannya mengatakan bahwa tenun tradisional saat ini sudah dikenal masyarakat dunia. Meski demikian, Indonesia belum memiliki pasar khusus untuk tenun tradisional, khususnya untuk busana muslim, yang benar-benar tergolong premium quality.

Salah satu bukti kian berkembangnya fesyen dengan material wastra nusantara, terutama tenun dan songket, Komunitas Tekstil Tradisional Indonesia telah mengusahakan Hari Tenun Nasional untuk segera ditandatangani Presiden Joko Widodo.

Selanjutnya, mewakili Dewan Masjid, Tjokorda Ngurah Agung Kusumayudha mengapresiasi pelaksanaan event bergengsi ini. "Event ini sebagai penguat jaringan bisnis antarnegara sekaligus pengingat bagi generasi milenial untuk selalu mencintai tradisi leluhur, di antaranya tenun ikat dan songket."

Mewakili Kedutaan Mesir untuk Indonesia, Wael Abdul Rahim, dalam keynote speech-nya menyampaikan bahwa ini adalah satu ajang untuk mempererat hubungan budaya antara Indonesia dengan negara-negara Timur Tengah.

Selepas sambutan dari panitia dan tamu kehormatan, fashion show dari House of Marsya menyemarakkan pembukaan IIIF 2019. Lebih dari 50 busana berbahan tenun dan songket dari seluruh daerah di Indonesia karya Anna Mariana hadir di panggung IIIF 2019.

 

Menutup rangkaian pembukaan, Anna Mariana dan Tjokorda menyerahkan lukisan Ibu Presiden Joko Widodo, Sudjiatmi, karya Gus Nuh, kepada Ibu Muzdalifah.




Resmi Dibuka, INACRAFT 2024 Hantarkan Indonesia Masuk Daftar 10 Negara Eksportir Handicraft Terbesar di Dunia

Sebelumnya

Bigger, Better, & Bolder Plaza Indonesia Fashion Week 2024: Lebih Megah dan Mempesona

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E