KOMENTAR

TERLETAK di Eropa Utara, negara yang dkenal akan kemajuan teknologinya ini dinobatkan sebagai negara paling berbahagia pada tahun lalu. World Happiness Report menyebutkan bagaimana Finlandia mencapai posisi pertama negara paling bahagia di dunia melalui kebijakan yang efektif dari pemerintahannya.

Hasil studi tingkat kebahagiaan tersebut didasarkan pada enam faktor kunci yang mendukung kesejahteraan manusia, yaitu pendapatan, harapan hidup sehat, dukungan sosial, kebebasan, kepercayaan, dan kemurahan hati.

Namun, meskipun menjadi negara dengan pendidikan terbaik di dunia, negara ini menjadi tempat yang menantang bagi para umat Muslim saat bulan Ramadan.

Di Finlandia, atau tepatnya di provinsi Laplandia, matahari selalu bersinar walaupun telah malam. Matahari tak pernah terbenam di wilayah yang memiliki luas 98,946 kilometer persegi itu.  Fenomena langka tersebut terjadi karena lokasi Lapland berada pada lingkar Kutub Utara. Fenomena itu disebut midnight sun atau matahari tengah malam yang terjadi selama 24 jam setiap dua bulan dalam setahun.

Jika kita di Indonesia berpuasa dalam sehari itu sekitar 12 – 13 jam, masyarakat Muslim di sana hanya mempunyai waktu sekitar 55 menit untuk menyantap makanan. Artinya, mereka berpuasa 23 jam! Waktu berbuka juga menjadi waktu sahur. Hampir satu hari penuh umat muslim di Finlandia harus menahan rasa lapar dan haus sampai tiba waktu berbuka.

Nah, bersyukurlah untuk kita yang tinggal di Indonesia. Nikmat mana lagi yang kita dustakan? Jadi, jangan sampai bolong puasanya, ya.




Kelompok Pro-Israel Serang Demonstran Pro-Palestina, Bentrokan Terjadi di Kampus UCLA

Sebelumnya

Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News