post image
Ilustrasi anak demam tinggi/Net
KOMENTAR

PENYANYI Selvi Kitty, harus tegar menghadapi vonis dokter yang menyebut puteranya, Abizard Kavin Suseno, menderita sakit  penyakit kawasaki. Sebuah peradangan yang bisa menyebabkan komplikasi jangka panjang pada jantung.

Lewat sebuah unggahan instagram story, Selvi menyelipkan penjelasan singkat mengenai penyakit ini. "Yang dari kemarin pada nanya Abizard sakit apa," tulis Selvi Kitty dalam postingannya, Jumat (17/1).

Dengan sedih Selvi mengatakan jika saja penanganan pada putranya terlambat, akibat fatal bisa saja terjadi. Ia pun tak bisa membayangkan kalau anak sekecil Abizard harus menderita penyakit jantung.

"Kalau telat penanganannya bisa bikin rusak arteri. Nggak kebayang anak seumur Abizard udah sakit jantung. Makasih Ya Rabb udah kasih kesempatan Abizard untuk sembuh," ujar artis  26 tahun itu.

Kini Abizard masih harus menjalani pengobatan sampai dua bulan ke depan untuk memastikan ia sembuh sepenuhnya. "Mohon doanya semoga berobat jalan 2 bulan ke depan lancar-lancar dan nggak ada kendala, aamiin," terangnya.

Penyakit Kawasaki ditandai dengan demam yang berlangsung selama lebih dari 3 hari.  Telapak tangan dan kaki membengkak, serta memerah. Mata memerah, tanpa disertai keluarnya cairan.

Melansir Alodokter, penyakit kawasaki sering dialami oleh anak-anak berusia di bawah 5 tahun. Awalnya penyakit ini menyerang mulut, kulit dan kelenjar getah bening.

Biasanya, anak yang terserang penyakit ini akan mengalami demam selama lebih dari 3 hari. Muncul ruam merah pada kulit hampir seluruh bagian tubuh. Peradangan pada dinding pembuluh darah jantung bisa dicegah dengan segera menangani gejala yang muncul.

Penanganan yang cepat bisa membuat seorang anak yang terserang Penyakit Kawasaki (PK) sembuh dalam kurun waktu 6 sampai 8 minggu.

Dr. Ackni hartati, SpA, M.kes selaku Dokter Spesialis Anak dari Rumah Sakit Awal Bros Bekasi Timur, menjelaskan bahwa PK juga dikenal sebagai mucocutaneous lymph node syndrome, ditemukan oleh Tomisaku Kawasaki tahun 1967 di Jepang sehingga dinamakan penyakit Kawasaki.

Angka kejadian di Indonesia diperkirakan 5000 kasus per tahun. “Penyakit kawasaki merupakan penyakit yang menyerang dinding pembuluh darah di seluruh tubuh, terutama jantung karenanya penyakit ini cukup berbahaya,” jelasnya. PK ini ditandai dengan munculnya demam diikuti munculnya ruam kemerahan di area tubuh.

Pasien dengan PK ini dianjurkan untuk selalu melakukan pemeriksaan secara rutin dengan dokter spesialis jantung agar kondisinya terpantau. (F)

Serangan Jantung Bisa Menimpa Siapa Saja, Ini 8 Cara Sederhana Mencegahnya

Sebelumnya

Dua Langkah Mudah Cegah Penularan Virus Corona Kata Pakar Asal Jepang

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health World