post image
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

KEPERCAYAAN diri merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan diri sang buah hati. Dengan kepercayaan diri yang baik, anak-anak dapat tumbuh lebih optimal karena mereka tahu dan fokus pada apa yang mereka inginkan dan berani mengambil resiko serta tidak takut gagal.

Lalu, bagaimana cara terbaik untuk membantu anak membangun kepercayaan diri?

Jurnalis, penulis, sekaligus pembicara Claire Shipman memiliki beberapa jawaban. Pada tahun 2014, dia dan rekan penulisnya, Katty Kay dari jaringan BBC World News America, memuat jawaban atas pertanyaan tersebut ke dalam buku berjudul "The Confidence Code: The Science and Art of Self-Assurance. What Women Should Know."

Merujuk pada apa yang mereka tulis, berikut lima hal yang bisa kita lakukan sebagai orantua untuk membantu anak kita membangun kepercayaan diri.

1. Bantu anak keluar dari zona nyamannya dan ambil risiko.
Shipman menjelaskan, salah satu hal terpenting yang dapat kita lakukan sebagai orang tua adalah membantu mereka mendapatkan "kenyamanan karena merasa tidak nyaman". Dengan kata lain, arahkan anak untuk berani mengambil risiko dengan keluar dari zona nyaman mereka dan melawan rasa takut di dalam diri.

Katakan kepada anak anda bahwa, "Wajar untuk merasa takut. Ini agak menakutkan, tetapi katakan pada diri sendiri, walaupun takut, saya akan tetap melakukannya,".

2. Minta anak menyimpan daftar risiko.
Dengan meminta anak menyimpan daftar risiko yang telah diambilnya dan bagaimana dia mengatasinya, menurut Shipman, dapat menjadi pengingat akan kemampuannya.

Hal yang sama berlaku untuk kegagalan. Daftar kegagalan dan bagaimana mereka mengatasinya bisa sangat membantu untuk membangun diri anak agar menjadi lebih baik.

3. Ingatkan anak tentang memperbaiki kegagalan
Ingatkan anak kita bahwa kegagalan pasti akan terjadi dan itu bukan sesuatu yang bisa mereka hindari. Hal yang terpenting adalah menekankan bukan pada kegagalannya, tapi pada cara menghadapinya dan memperbaikinya serta menghindari kegagalan yang sama.

4. Jadilah role model kegagalan dan perjuangan bagi anak
Salah satu cara efektif untuk membantu anak dalam membangun kepercayaan diri mereka adalah dengan menjadi contoh atas kegagalan serta perjuangan. Orangtua adalah orang yang tepat untuk menjadi role model bagi anak.

Biarkan anak melihat bagaimana orangtua mereka berjuang dengan mengambil resiko dalam sejumlah keputusan serta melihat orangtua ketika gagal. Di titik itu, orangtua juga harus mampu menjadi contoh bagaimana kegagalan bukan akhir segalanya dengan cara bangkit dan kembali berjuang. Meski tidak mudah, namun cara tersebut merupakan salah satu yang paling efektif.

5. Ingatkan anak bahwa dia tidak punya masalah
Untuk membantu membangun kepercayaan dirinya, ingatkan anak bahwa dia tidak memiliki masalah yang perlu diperbaiki atau dikhawatirkan.

Selain itu, bantu anak memahami sejak dini mengenai keterampilan diri apa yang penting di kemudian hari. Salah satu di antara keterampilan itu adalah menjaga emosi dan mengadvokasi diri sendiri dalam setiap situasi yang dihadapi. (F)

Penting Untuk Diketahui. Kenali Karakter Dan Emosi Ananda Dari Hasil Menggambarnya

Sebelumnya

Kenali Karakter Anggota Keluarga Lewat Analisa Tulisan Tangan. Ini Diantaranya, Moms

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Parenting World