Ilustrasi lidah buaya/Freepik
Ilustrasi lidah buaya/Freepik
KOMENTAR

LIDAH buaya adalah tanaman yang ajaib karena mengandung banyak khasiat alami yang dapat membantu merawat kulit dan sering dijadikan sebagai obat.

Tanaman ini memberi nutrisi pada tubuh dan kaya akan manfaatnya. Lidah buaya mengandung enzim bradikinaze yang merupakan bahan aktif untuk menekan tanda-tanda peradangan yaitu kemerahan, bengkak, nyeri, dan panas saat gel-nya dioleskan lada kulit.

Berikut ini adalah manfaat dari lidah buaya untuk perawatan kulit dan wajah.

1. Membantu Meredakan Kulit Terbakar Akibat Sengatan Matahari

Gel lidah buaya memiliki sifat mendinginkan dan anti-inflamasi. Oleh karena itu, lidah buaya bisa menjadi salah satu solusi untuk kulit terbakar akibat sinar matahari. Pengolesan gel ini dapat membantu lapisan pelindung kulit dan juga membantu mempertahankan kelembapan kulit.

2. Membantu Melembapkan Kulit

Berbeda dengan pelembap biasa, gel lidah buaya jika dioleskan ke kulit ia tidak meninggalkan lapisan berminyak pada kulit dan wajah. Gel lidah buaya juga dapat digunakan setelah bercukur karena gel lidah buaya membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan menyembuhkan luka serta menjaga kulit yang kering.

3. Menyembuhkan Luka

Lidah buaya dipercaya dapat membantu menyembuhkan luka bakar, sayatan pisau, dan lain-lain. Hal ini karena lidah buaya diketahui mampu menembus lapisan epidermis, yaitu lapisan terliat kulit lebih cepat dibanding air.

4. Melawan Penuaan Kulit

Gel lidah buaya memiliki kandungan vitamin C dan E yang melimpah. Maka dari itu, ia mampu melawan penuaan pada kulit. Ini juga mengandung sifat antimikroba. Ini juga membantu menghilangkan noda kulit dan mengurangi garis penuaan. Selain itu, membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh dan elastisitas kulit.

5. Mengurangi Infeksi Jerawat

Untuk orang-orang yang memiliki masalah jerawat, lidah buaya mampu mengurangj peradangan jerawat. Ini membantu dalam pembersihan lembut dan sifat antimikrobanya mengobati jerawat tanpa menyebabkan kerusakan pada kulit. Lidah buaya juga mengandung polisakarida dan giberelin yang membantu pertumbuhan sel-sel baru dan mengurangi peradangan kemerahan. Lidah buaya juga bekerja sebagai astringen yang mengecilkan pori-pori, membuang kelebihan sebum, mikroba, dan kotoran.

6. Menghilangkan Noda pada Wajah

Seperti yang diketahui lidah buaya memiliki khasiat untuk meningkatkan reproduksi sel kulit, mengurangi kemerahan, dan melawan peradangan kulit. Ini merupakan pengobatan alami untuk stretchmarks dan bekas jerawat. Untuk mengatasi bintik-bintik penuaan, bisa kamu tambahkan lemon ke dalam campuran gel lidah buaya nya.

7. Membantu Pertumbuhan Rambut

Seperti reproduksi kulit, gel lidah buaya membantu mengaktifkan pertumbuhan rambut baru karena meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Gel lidah buaya mengandung enzim proteolitik yang membantu memperbaiki kulit mati dikulit kepala. Jadi, lidah buaya obat yang bagus untuk mengatasi permasalahan kulit kepala.

8. Mencegah Munculnya Ketombe

Lidah buaya membantu menyembuhkan kulit kering, infeksi jamur, dan minyak berlebih pada kulit. Semua ini adalah penyebab munculnya ketombe.

9. Bisa Dijadikan Kondisioner

Sama seperti melembapkan kulit, lidah buaya bisa membantu mengkondisikan rambut dan melembutkan nya. Mengoleskan gel lidah buaya secara teratur pada rambut dan kulit kepala dapat membantu menjaga kilau rambut.




dr. Ayu Widyaningrum Persembahkan Teknologi Treatment Kecantikan Terbaru “Fat Filler”

Sebelumnya

Ceramide dan Niacinamide, Apa Beda dan Manfaatnya untuk Kecantikan Kulit?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA