Ilustrasi orang yang mengonsumsi makanan tinggi lemakFreepik
Ilustrasi orang yang mengonsumsi makanan tinggi lemakFreepik
KOMENTAR

PADA zaman modern ini, makanan cepat saji atau junk food telah menjadi pilihan yang umum dan sering kali menjadi bagian dari gaya hidup. Bahkan ada yang mengonsumsinya setiap hari.

Banyak orang memilih junk food karena praktis dan rasanya yang menggugah selera. Namun, di balik kenyamanan dan kelezatan yang diberikan, mengonsumsi makanan cepat saji secara berlebihan dapat meningkatkan masalah bagi kesehatan.

Sebagian besar dari junk food merupakan makanan yang rendah nutrisi dan mengandung lemak jenuh, garam, dan gula yang tinggi sehingga jika dikonsumsi terus menerus dapat mengurangi asupan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Berikut ini bahaya junk food bagi kesehatan tubuh kita jika dikonsumsi setiap hari.

Risiko Obesitas

Obesitas bisa terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi junk food. Junk food yang mengandung  banyak lemak dan kalori tinggi dapat menyebabkan penumpukan lemak di tubuh lebih khusus di bagian perut.

Makanan ini juga cenderung rendah serat sehingga tidak membuat kenyang yang lama. Kondisi itu membuat seseorang makan lebih banyak, meningkatkan risiko kelebihan berat badan dan obesitas.

Menyebabkan Diabetes Tipe 2

Kandungan gula yang tinggi dalam makanan junk food dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Pola makan yang tinggi gula dapat mengakibatkan resistensi insulin, yang pada akhirnya dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

Penyakit ini tidak hanya memengaruhi kualitas hidup, tetapi juga dapat menyebabkan komplikasi serius seperti kerusakan saraf, gangguan penglihatan, dan masalah ginjal.

Penyakit Jantung

Lemak jenuh yang terdapat pada junk food dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke karena dapat meningkatkan kolesterol jahat dalam darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit kardiovaskular.

Gangguan Pencernaan

Kurangnya asupan serat yang masuk dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan pencernaan sebab serat membantu memperlancar proses pencernaan dan mengurangi risiko sembelit.

Kerusakan Gigi

Junk food yang tinggi gula dapat merusak gigi. Kandungan Gula pada junk food merupakan makanan untuk bakteri di mulut yang menghasilkan asam. Nah, asam inilah yang dapat mengikis enamel gigi menyebabkan gigi berlubang ataupun masalah kesehatan gigi lain.

Kesehatan amat berharga, segera tinggalkan junk food dan beralih ke makanan sehat.




Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Sebelumnya

5 Alternatif Minyak Goreng untuk Diet Sehari-hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health