Ilustrasi asam lambung naik/Unsplash
Ilustrasi asam lambung naik/Unsplash
KOMENTAR

NAIKNYA asam lambung merupakan kondisi yang kerap diasosiasikan dengan pola makan yang tidak teratur. Padahal perlu diketahui bukan hanya faktor pola makan yang dapat memperburuk kondisi asam lambung.

Ada sejumlah kebiasaan buruk yang sering tidak disadari oleh penderita juga dapat menyebabkan asam lambung naik. Jika kondisi ini terjadi terus-menerus, maka bisa mengarah pada Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).

Ditandai dengan naiknya cairan lambung ke esofagus atau kerongkongan, sehingga  menyebabkan rasa terbakar di dada (heartburn) serta menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengidapnya.

Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan asam lambung naik, dirangkum dari berbagai sumber.

Makan Terlalu Cepat

Kebiasaan makan terlalu cepat dapat membuat sistem pencernaan kesulitan berfungsi dengan baik sehingga meningkatkan risiko terkena asam lambung. Dengan memperhatikan cara makan yang benar kita dapat meningkatkan kesehatan pencernaan secara menyeluruh.

Untuk mencegah hal ini, usahakan mengunyah makanan dengan perlahan di setiap suapan yang dapat membantu memperlambat ritme makan.

Mengonsumsi Makanan dan Minuman yang Meningkatkan Produksi Asam Lambung

Banyak orang belum mengetahui bahwa ada sejumlah makanan dan minuman yang diketahui dapat meningkatkan produksi asam lambung. Di antaranya yaitu makanan berlemak tinggi,  pedas dan asam, juga minuman berkafein dan soda, semua itu dapat memperburuk gejala asam lambung.

Berbaring setelah Makan

Sering kali rasa kantuk datang setelah makan, namun sebisa mungkin kita harus menahannya dan menghindari berbaring.

Berbaring setelah makan membuat isi perut tertekan lebih keras oleh karena itu dapat memicu asam lambung naik. Sebaiknya berbaring 2-3 jam setelah makan.

Merokok

Kebiasaan merokok dapat mengurangi produksi air liur, meningkatkan produksi asam lambung hal ini menyebabkan iritasi lapisan otot tenggorokan dan juga perut melemah, hingga meningkatkan risiko refluks asam. Nikotin pada rokok dapat meningkatkan produksi asam lambung. Kebiasaan ini tentu saja harus dihentikan agar kesehatan tetap terjaga.

Stres Berlebih

Stres akibat terlalu banyak pikiran dapat mengganggu rutinitas normal dan memicu penyakit asam lambung. Mengurangi stres melalui latihan pernapasan, meditasi, atau olahraga ringan dapat membantu mencegah naiknya asam lambung.




Jangan Lengah, Ini Tanda Tubuh Kamu Kelebihan Gula

Sebelumnya

Lebih dari Sekadar Menjaga Kesehatan Tulang, Yuk Cari Tahu Manfaat Lain Kalsium

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health