Perilisan buku pemenang lomba menulis 2023 (21/5)/Farah.id
Perilisan buku pemenang lomba menulis 2023 (21/5)/Farah.id
KOMENTAR

PARA pemenang Lomba Menulis dalam rangka Hari Anak Jakarta Membaca (HANJABA) 2023 yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Khusus Jakarta mendapat kehormatan dengan karya mereka yang diterbitkan menjadi buku.

Buku karya pemenang Lomba Menulis HANJABA 2023 diterbitkan oleh Penerbit Hikmah Media Utama yang merupakan anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).

Ketua IKAPI Provinsi Daerah Khusus Jakarta Hikmat Kurnia menyatakan kebanggaan dan dukungannya terhadap kreativitas generasi muda—terutama anak-anak—dalam dunia menulis.

“Alhamdulillah kita hari ini bisa merilis karya-karya anak dari SD, SMP sampai SMA yang saling berbagi  pengalaman, ilmu, dan imajinasi kreatif lewat buku-buku yang diterbitkan. Saat memasuki Indonesia emas, anak-anak inilah yang nantinya menjadi pemimpin bangsa kita, yang dididik dan dibesarkan dengan kemampuan literasi yang baik, sehingga literasi ini akan membantu kita untuk bermasyarakat dan bernegara yang lebih baik,” ujar Hikmat Kurnia dalam acara Peluncuran Buku Karya Pemenang Lomba Menulis 2023 di Gedung Dinas Perpustakan dan Kearsipan Daerah Khusus Jakarta, pada Selasa (21/5).

“Saya selalu percaya anak yang dididik dengan kemampuan literasi akan menghasilkan generasi yang hebat dan itu dibuktikan dengan pendiri bangsa ini. Jika kita mencintai bangsa ini, mulailah  dengan kemampuan literasi yang baik,” tambahnya.

Hikmat Kurnia juga mengingatkan bahwa tanpa kemampuan literasi yang baik, tidak ada bangsa yang hebat. Tidak ada kemajuan tanpa literasi. Dan seperti diketahui, untuk bisa menulis buku dibutuhkan kemampuan membaca yang baik.

Sebuah buku yang baik setidaknya harus memenuhi tiga unsur yaitu unsur edukatif, unsur inspiratif, dan unsur rekreatif. Dengan demikian, maka buku akan memberikan kegunaan, kebaikan, dan keindahan. Kemampuan menulis itu menjadi landasan keindahan, yang membuat pembaca mudah memahami gagasan di balik pemikiran yang dihadirkan buku tersebut.

Sementara itu, Direktur Penerbit Hikmah Media Utama Kasimun memotivasi para pemenang untuk tidak berpuas diri dengan karya mereka yang telah diterbitkan menjadi buku.

“Ada satu hal yang perlu kita catat bahwa ini bukanlah hasil akhir, bahwa ini baru langkah awal karena dari sini kita akan mulai sesuatu yang lebih besar lagi ke depan nya. Hari ini menjadi sejarah bagi kita bahwa kita mulai sesuatu yang baru dan nantinya di hari-hari ke depan, di tahun-tahun ke depan, akan hadir penulis-penulis handal dari sesuatu yang kita mulai hari ini. Kita harus terus belajar untuk bisa lebih baik lagi dari sisi Anda sebagai penulis dan dari sisi kami sebagai penerbit, ini adalah langkah awal sebuah mimpi, semoga ke depannya akan jauh lebih baik lagi,” papar Kasimon.

“Selamat kepada adik-adik semua atas terbitnya karya adik-adik ini yang akan menjadi kenangan, serta ke depan akan menjadi lebih baik lagi, dan akan menjadi penulis-penulis yang tidak hanya dapat menuangkan ide dalam tulisan tapi juga menularkan nilai-nilai moral kebaikan ke seluruh masyarakat dan bisa meningkatkan literasi membaca dan menulis di Indonesia,” pungkasnya.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Khusus Jakarta menerbitkan 39 cerita dalam 21 judul buku dari pemenang lomba menulis 2023. Di antara pemenang Lomba Menulis HANJABA 2023 adalah Raizel Parvaiz Rabbani dari SDN 07 Pademangan Barat dengan karya “Levi yang Tinggi Hati”, Zahrous Syifa dari SMP 75 Jakarta dengan karya “Menjadi Anak Teater”, serta Tabrize Khanza Btaraimzo-Chelsea Vajra Pohan-Jevon Cleverivello-Ahmadah Hamidah Hafshah dari SMA 81 Jakarta dengan karya “Labirin Buku; Misteri Kunci Tersembunyi”.

Lomba menulis terbagi menjadi tiga kategori berdasarkan tingkatan sekolah kelompok SD/MI, Kelompok SMP/MTs, dan Kelompok SMA/SMK/MA. Karya tulis para pemenang diterbitkan dalam bentuk buku sebagai apresiasi untuk memicu semangat anak-anak lainnya agar tertarik dalam dunia menulis.




Dirut Bank BJB Yuddy Renaldi Raih Indonesia 10 Top Banker Awards 2024

Sebelumnya

Lembaga Lingkungan Hidup Gugah Kepedulian Lingkungan dan Kesiagaan Bencana

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel C&E