Perilisan buku karya pemenang Lomba Menulis 2023 di Gedung Dispusip DK Jakarta (21/5)/Farah.id
Perilisan buku karya pemenang Lomba Menulis 2023 di Gedung Dispusip DK Jakarta (21/5)/Farah.id
KOMENTAR

DINAS Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Daerah Khusus Jakarta menggelar acara “Perilisan Buku Pemenang Lomba Menulis 2023” di Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Jakarta Timur pada Selasa, 21 Mei 2024.

Seperti diketahui, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Daerah Khusus Jakarta memperingati Hari Anak Jakarta Membaca atau HANJABA pada tanggal 24 Agustus setiap tahun. HANJABA telah dicanangkan sejak tahun 2006 sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca, menulis, dan kreativitas anak melalui berbagai kegiatan literasi.

Lomba menulis merupakan salah satu kegiatan yang digelar dalam peringatan HANJABA. Di tahun 2023, lomba menulis HANJABA yang mengusung tema “Dari Baca Jadi Karya untuk Jakarta” mendapat apresiasi positif dari generasi muda terkhusus anak-anak di usia sekolah.

Lomba menulis ini terdiri dari 3 (tiga) kategori berdasarkan tingkat sekolah yaitu SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA. Karya tulis para pemenang kemudian diterbitkan dalam bentuk buku sebagai bentuk apresiasi sekaligus untuk memicu semangat anak-anak lain agar tertarik dengan dunia penulisan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Daerah Khusus Jakarta Firmansyah menyampaikan apresiasi dan harapannya agar lomba menulis menjadi berkelanjutan. Para pemenang Lomba Menulis 2023 yang karyanya diterbitkan dalam bentuk buku dapat menjadi generasi penerus bangsa yang rajin menulis dan menuangkan ide gagasan kreatifnya.

“Ini apresiasi dari Pemerintah Daerah Khusus Jakarta, bagaimana kita menghargai sebuah karya sekecil apa pun. Ke depan, kalianlah pelaku-pelaku yang berjuang untuk bangsa ini dengan karya tulis kalian, di masing-masing bidang kalian yang memicu untuk maju, bagaimana kita menjadi generasi yang siap, generasi yang memajukan bangsa ini menjadi bangsa yang dikenal seluruh dunia,” ungkap Firmansyah dalam sambutannya (21/5).

“Dengan adanya kegiatan ini kami berharap dukungan dari para orang tua murid maupun kepala sekolah, para jajaran yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, para guru dan para pendidik, dan didukung oleh ikatan penerbit, sehingga apa yang menjadi buah pikiran kalian dapat menjadi kebanggaan baik pribadi, keluarga, sekolah bahkan Jakarta ke depannya,” imbuhnya.

Keterlibatan anak-anak untuk menuangkan ide dan imajinasi mereka diharapkan tidak hanya untuk menjadi wadah kreativitas, tapi juga faktor untuk memperkuat keterampilan literasi dasar anak. Perkembangan literasi khususnya di kalangan generasi muda merupakan kunci dari pembudayaan kegemaran membaca.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Daerah Khusus Jakarta menyadari urgensi pembudayaan kegemaran membaca yang baik dan benar di tengah masyarakat, mulai dari anak-anak terutama yang masih di usia sekolah.

Tentunya diperlukan usaha lebih giat untuk memupuk antusiasme anak-anak, orang tua, dan tenaga pendidik dalam membaca. Hal ini menjadi catatan penting demi terwujudnya kegemaran membaca sedini mungkin.

Bersinergi dengan penerbit Hikam Media Utama dari Daerah Istimewa Yogyakarta, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Khusus Jakarta menerbitkan 21 judul buku dari pemenang lomba menulis tahun 2023.

Total awal pemenang lomba menulis dari ketiga tingkatan kategori adalah 45 tim dan setelah dikonfirmasi terkumpul 39 tim pemenang yang karyanya bersedia untuk diterbitkan.

Acara perilisan buku ini mengundang seluruh sekolah yang siswa-siswinya terpilih menjadi pemenang. Dengan dirilisnya buku para pemenang Lomba Menulis 2023, budaya gemar membaca yang dituangkan dalam karya tulis akan terus berkembang dan membudaya.




Dirut Bank BJB Yuddy Renaldi Raih Indonesia 10 Top Banker Awards 2024

Sebelumnya

Lembaga Lingkungan Hidup Gugah Kepedulian Lingkungan dan Kesiagaan Bencana

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel C&E