Ilustrasi membersihkan telinga/Freepik
Ilustrasi membersihkan telinga/Freepik
KOMENTAR

SAKIT telinga bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti infeksi telinga, perubahan tekanan udara, dan telinga yang kotor.

Infeksi telinga yang biasanya terjadi di telinga bagian tengah, terjadi karena penyumbatan atau pembengkakan pada saluran eustachius yang menimbulkan menumpuknya cairan.

Sedangkan perubahan tekanan udara, seperti ketika menelan, naik pesawat, berada di gunung, atau naik lift di gedung yang sangat tinggi, bisa mengganggu keseimbangan tekanan di bagian dalam telinga, yang mungkin menyebabkan sakit telinga sampai adanya gangguan pendengaran sementara.

Lalu menumpuknya kotoran di telinga juga dapat menyebabkan sakit telinga.

Cara menjaga kesehatan telinga yang tepat meliputi berbagai langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah gangguan pendengaran dan keseimbangan tubuh.

Berikut adalah beberapa cara menjaga kesehatan telinga:

  1. Bersihkan telinga dengan cara yang benar: Bersihkan telinga dengan kain lembap atau obat tetes telinga yang direkomendasikan oleh dokter.
  2. Lindungi telinga dari suara kera : Jauhkan telinga dari suara yang terlalu keras, seperti suara bising.
  3. Jaga telinga agar tetap kerin : Hindari memakai headset yang tidak bersih, dan bersihkan headset setiap seminggu.
  4. Hentikan kebiasaan mengorek teling : Kotoran telinga yang ada di dalam lubang telinga adalah hal yang normal, tetapi jika kotoran menumpuk dan membuat telinga tidak nyaman, kunjungi dokter untuk perawatan.
  5. Mengatur volume suara: Gunakan volume suara yang tepat, agar telinga tidak terganggu.
  6. Berbagai penyebab gangguan pendengaran: Jangan menggunakan obat-obatan sembarangan, dan jangan mengkonsumsi minyak atau bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan telinga.

Jika kamu mengalami gejala gangguan telinga seperti telinga terasa penuh, pendengaran berkurang, keluar cairan dari telinga, atau sakit di telinga bagian tengah, segeralah periksakan diri ke dokter THT untuk mendapatkan perawatan yang tepat.




Lebih Dekat dengan Ariel Noah Bersama Indomilk Steril "Click to get Riil!"

Sebelumnya

Terbangun Tengah Malam Karena Kaki Kram, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health