Ibu hamil di trimester pertama tidak disarankan mengonsumsi air kelapa/Alodok
Ibu hamil di trimester pertama tidak disarankan mengonsumsi air kelapa/Alodok
KOMENTAR

AIR kelapa seringkali dipercaya sebagai obat penawar saat seseorang keracunan makanan atau alergi terhadap sesuatu. Air kelapa juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil, membantu pertumbuhan rambut, hingga menyehatkan badan.

Tapi ternyata, ada beberapa kelompok orang yang disarankan untuk tidak mengonsumsi air kelapa karena risiko kesehatan. Mereka adalah orang dengan kondisi tubuh dingin, orang yang sedang hamil, orang yang baru saja kembali dari paparan sinar matahari, atau orang yang akan tidur.

Mengapa demikian?

Sebuah studi menjelaskan, air kelapa bukan pilihan yang baik bagi individu dengan kondisi tubuh dingin, yaitu mereka yang tangan dan kakinya mudah kedinginan. Risiko kesehatannya adalah mengganggu keseimbangan aktivitas metabolisme, melemahkan tubuh, dan justru menyebabkan kelelahan.

Air kelapa juga tidak disarankan dikonsumsi perempuan yang sedang hamil di trimester pertama, karena janin belum menempel kuat pada rahim ibu. Apabila air kelapa tersebut diminum, maka dapat membuat tubuh menjadi dingin, bahkan menimbulkan risiko keguguran.

Gejala mual di pagi hari pada periode ini juga bisa menjadi lebih parah akibat seringnya mengonsumsi air kelapa. Sebab, dapat menyebabkan kembung dan gangguan pencernaan.

Individu dengan penyakit kardiovaskular, diabetes, penyakit ginjal kronis, ketidakseimbangan elektrolit atau sensitif terhadap air kelapa, sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter atau ahli nutrisi sebelum mengonsumsi air kelapa.

Bagi orang yang memiliki alergi, berhati-hati saat hendak mengonsumsi air kelapa. Perlu diketahui, kelapa pada dasarnya adalah kacang pohon dan orang-orang tertentu mungkin rentan terhadap kacang pohon. Jadi, sebaiknya air kelapa dijauhkan dari orang yang rentan terhadap alergi.

Hindari pula air kelapa jika punya masalah jantung, sebab dapat menyebabkan detak jantung jadi tidak beraturan. Begitu pula bagi penderita cystic fibrosis, kondisi di mana lender di dalam tubuh menjadi lebih kental dan lengket. Kandungan sodium yang rendah dan potasium tinggi yang terdapat di air kelapa, tidak aman bagi penderita.

Dan terakhir, jangan minum air kelapa dua minggu sebelum operasi, karena bisa mempengaruhi tekanan darah.




Ingin Otak Lebih Sehat, Turunkan Tekanan Darahmu

Sebelumnya

Ingin Punya Daya Ingat Lebih Baik di Usia Lanjut? 4 Nutrisi Ini Jaga Otak Tetap Aktif

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health