Ilustrasi membersihkan wajah usai menggunakan sunscreen/Clean n Clear
Ilustrasi membersihkan wajah usai menggunakan sunscreen/Clean n Clear
KOMENTAR

PENGGUNAAN sunscreen semakin dirasa penting, tidak hanya untuk menghindari kulit dari radiasi sinar UV matahari yang mampu merusak kulit, namun juga untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Sunscreen juga mampu menjaga warna kulit tetap rata.

Bagi Muslimah, sunscreen yang wudhu friendly atau aman digunakan untuk beribadah adalah hal yang diperlukan, karena itu merupakan salah satu syarat sah salat. Lalu, bagaimana cara memilih sunscreen yang demikian?

Halal lifestyle enthusiast Bang Anca, membagikan tips memilih sunscreen yang wudhu friendly. Menurut dia, ada empat langkah yang perlu diperhatikan, yaitu:

1. Pilih chemical sunscreen

Biasanya, sunscreen ini tidak memiliki klaim no whitecast (tidak membuat wajah kusam). Rata-rata, chemical sunscreen lebih mudah dibersihkan dengan air dibandingkan hybrid sunscreen atau physical sunscreen. Suncreen model ini biasanya cepat meleleh atau luntur jika dipakai panas-panasan, berkeringat, atau kena air.

2. Tidak memiliki klaim waterproof

Baiknya memilih sunscreen yang tidak waterproof, sweat proof atau water resistance, juga yang memiliki tulisan ‘sport’ di kemasannya. Sunscreen sport didesain untuk aktivitas outdoor yang panas, jadi proteksi terhadap sinar UV tergolong tinggi dan tentunya tidak mudah luntur saat berkeringat.

3. Jangan pilih sun stick

Sunscreen berbentuk stik biasanya berbahan dasar minyak (oil-based), silicone atau wax. Seringkali ada klaim water resistance dan sweat proof, sehingga sulit dibersihkan dengan air saja.

4. Water based sunscreen

Sangat dianjurkan untuk memilih sunscreen yang berbahan dasar air (water-based). Biasanya, teksturnya gel atau lotion dengan klaim ringan dan mudah menyerap.

“Saya rekomendasikan beberapa sunscreen yang wudhu friendly dan halal. Misalnya, Skin AQUA UV Moisture Gel SPF 30 PA++, lalu ada Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA++++. Bisa juga memakai Carasun Solar Smart UV Protector SPF 45 PA++++,” tulis Anca dalam postingannya.




Indonesia Hadirkan Solusi Perawatan Kecantikan Kulit Tercanggih

Sebelumnya

Belang pada Kulit Wajah, Atasi dengan 6 Cara Efektif Ini

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga