Salma, Juara Indonesian Idol Musim 12/Instagram @salmasalsabil12
Salma, Juara Indonesian Idol Musim 12/Instagram @salmasalsabil12
KOMENTAR

PENYANYI muda bersuara khas Salma Salsabil merupakan pemenang Indonesian Idol 2023 (musim ke-12). Salma berhasil mengalah finalis lainnya yaitu Nabila Taqiyyah dalam Result & Reunion Indonesian Idol pada 22 Mei 2023.

Pemilik nama lengkap Salma Salsabil ‘Aliyyah Putri Mandaya ini lahir di Probolinggo, 12 Februari 2002. Memiliki kakak bernama Kelvin, Salma merupakan putri bungsu pasangan Demis Ferid Mandaya dan Ita Kusrini.

Dari data yang dihimpun Farah.id, Salma diketahui lulusan SMK jurusan musik dan kini tercatat sebagai mahasiswi Fakultas Penyajian Musik di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Menyebut Glenn Fredly sebagai musisi yang menginspirasinya, Salma mencoba mengikuti jejak kesuksesan Glenn semasa hidupnya. Tak hanya piawai menyanyikan lagu-lagu dengan nada sulit, Salma juga mengembangkan kemampuan dan kreativitasnya sebagai penulis lagu.

Pascakemenangan di Indonesian Idol, popularitas Salma kian melesat. Basis penggemarnya pun kian kuat yang dikenal sebagai Salmine.

Setelah sukses dengan Menghargai Kata Rindu ciptaan Mario G. Klau yang menjadi lagu kemenangan Indonesian Idol season-12, Salma kembali menorehkan prestasi gemilang dengan Bunga Hati. Lagu viral itu menjadi trending di YouTube Musik dengan 1,3 juta kali penayangan tidak sampai satu hari rilis.

Dan di penghujung Januari tahun ini, Salma telah masuk studio rekaman bersama Laleilmanino yang juga salah satu grup musik yang diidolakannya. Bertemu di panggung Result & Reunion Indonesian Idol 2023, siapa sangka keinginan Salma untuk berduet dengan Laleilmanino menjadi kenyataan. Penggemar Salma tentu berharap lagu baru itu bakal sesukses Bunga Hati.

Melirik perjuangannya untuk masuk ke industri musik Indonesia, tak banyak orang tahu bahwa Salma sudah sering mengikuti berbagai kompetisi di bidang menyanyi dan musik sejak masih duduk di bangku sekolah.

Sejumlah prestasi yang diraih Salma adalah Juara 3 FLS2N Tingkat nasional pada tahun 2019 lomba menyanyi solo di Bandar Lampung, Lead singer Orkestra SMK Negeri 12 Surabaya dalam HUT ke-74 RI pada tahun 2019 di Kemendikbudristek Jakarta., Juara 1 Melodia Singing Competition, serta Juara 1 Festival Band dalam LKS XVII Provinsi Jawa Timur pada tahun 2020, sekaligus mendapatkan penghargaan Best Vocal.

Namun yang menginspirasi adalah bagaimana Salma pantang menyerah untuk mewujudkan impiannya menjadi penyanyi profesional. Ia pernah dijuluki sebagai “artis gagal” karena tampil di sejumlah ajang pencarian bakat tanpa memenangkannya.

Tercatat, Salma pernah mengikut Idola Cilik (musim ke-4), The Voice Kids Indonesia (musim pertama), Rising Star Indonesia (musim ke-2), dan The Voice Indonesia (musim ketiga). Salma juga pernah mengikuti ajang Sunsilk Hijab Hunt di tahun 2017.

Salma bisa menjadi sosok yang memotivasi anak muda untuk pantang menyerah mengejar cita-cita. Masih percaya kesuksesan datang tanpa kerja keras?




Perjalanan Karier Widuri Puteri, Tuai Banyak Pujian Berkat Aktingnya di Film “Siksa Kubur”

Sebelumnya

Naura Ayu Ajak Remaja Indonesia Bangkitkan Semangat dengan Susu Oat Bergizi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Entertainment