Tabir surya wajib diaplikasikan ke wajah/Freepik
Tabir surya wajib diaplikasikan ke wajah/Freepik
KOMENTAR

SUNSCREEN adalah salah satu produk perawatan kulit yang sangat penting dan wajib digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan berbagai masalah kulit seperti penuaan dini, kulit terbakar, dan kanker kulit.

Sunscreen yang umum digunakan ada dua jenis, yaitu physical sunscreen dan chemical sunscreen. Keduanya memiliki cara kerja yang berbeda. Kenali yuk perbedaan dua jenis sunscreen ini, kira-kira yang mana yang lebih cocok dengan tipe kulit kamu.

Physical Sunscreen

Physical sunscreen bekerja dengan membentuk lapisan fisik di atas kulit yang menghalangi sinar UV agar tidak masuk ke dalam kulit. Bahan aktif yang umum digunakan dalam physical sunscreen adalah zinc oxide dan titanium dioxide. Physical sunscreen aman untuk digunakan oleh semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

Physical sunscreen tidak menyumbat pori-pori dan tidak menyebabkan iritasi. Namun physical sunscreen dapat meninggalkan white cast, terutama pada kulit berwarna gelap. Kadang tipe sunscreen ini akan terasa berat dan lengket jika digunakan.

Chemical Sunscreen

Chemical sunscreen bekerja dengan menyerap sinar UV dan mengubahnya menjadi panas, sehingga tidak akan menembus kulit dan jadi mudah menyerap di kulit. Bahan aktif yang umum digunakan chemical sunscreen adalah avobenzone, oxybenzone, octinoxate, dan octisalate.

Tekstur chemical sunscreen memiliki beberapa tekstur, di antaranya yaitu gel dan lotion. Namun chemical sunscreen lebih ringan dan tidak lengket seperti physical sunscreen.

Untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, gunakan physical sunscreen karena tidak akan menyumbat pori-pori. Jika memiliki kulit berminyak atau berjerawat, gunakan chemical sunscreen karena lebih mudah menyerap ke kulit dan ringan.




Jadi Discover The Unseen Ikon Make Over, Isyana Sarasvati Pamerkan Lip Gloss Andalan

Sebelumnya

Makeup untuk Kulit Sensitif, Perhatikan 5 Hal Ini untuk Cegah Iritasi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga