Ilustrasi anak menabung/Freepik
Ilustrasi anak menabung/Freepik
KOMENTAR

PAKAR keuangan sekaligus penulis buku The Psychology of Money, Morgan Housel, menjelaskan bahwa manusia memiliki 3 blind spot terkait pengaturan keuangan.

Tiga kondisi tersebut seringkali menjadi penghambat seseorang untuk bisa berdikari secara finansial, tidak mempunyai utang, dan bertahan dalam kondisi ekonomi yang buruk.

Apa saja kondisi yang mesti kita waspadai?

Pertama, rencana keuangan yang berubah-ubah.

Konsistenlah agar kita dapat meraih financial freedom yang kita impikan. Hiduplah sederhana dan jauhi sikap impulsif. Kebutuhan hidup semakin hari semakin besar, karena itu kita mesti disiplin dan tidak tergoda untuk mengacak-acak rencana keuangan yang telah disepakati.

Kedua, tidak punya tabungan lebih dari satu.

Sangat penting untuk memiliki lebih dari satu tabungan. Belajar dari pengalaman pandemi COVID-19, kita mesti mempersiapkan keuangan kita agar tidak cepat berantakan saat kehilangan pekerjaan atau berkurangnya pemasukan rutin.

Ketiga, gaya hidup yang tak sepadan dengan pemasukan.

Camkan baik-baik bahwa jauh lebih penting memiliki saldo besar daripada berutang kanan-kiri demi memenuhi keinginan terlihat sebagai orang berkecukupan. Jauh lebih keren tampil bersahaja secara penampilan fisik tapi selalu memiliki dana berlebih untuk berbagi dengan orang yang membutuhkan.




4 Langkah Mengatasi Toxic Marriage

Sebelumnya

Silent Treatment, Salah Satu Ciri Toxic Marriage yang Mesti Diwaspadai

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family