Tim Garmawa SMK BTB Juwana Pati/Instagram @tkrobtbjuwana
Tim Garmawa SMK BTB Juwana Pati/Instagram @tkrobtbjuwana
KOMENTAR

PRESTASI yang kaya inovasi ditorehkan oleh tiga siswa SMK Bhina Tugas Bhakti Juwana Pati, Jawa Tengah. Tim GARMAWA yang terdiri dari Ardi, Febri, dan Reindika menjadi Juara 1 dalam Lomba Akademisi Business Plan Competition 2023 yang diselenggarakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muria Kudus. Karya yang mereka buat adalah kompor rakitan yang diberi nama Komjela alias Kompor Minyak Jelantah.

Seperti namanya, kompor rakitan tiga siswa SMK BTB Juwana ini menggunakan minyak jelantah sebagai bahan bakar. Ide ini berawal dari mereka yang sering mendengar keluhan para ibu rumah tangga tentang gas elpiji yang langka. Sementara di sisi lain, mereka juga melihat banyak orang dengan mudah membuang minyak jelantah—yang merupakan minyak sisa menggoreng.

Dikutip dari Berita Satu, sistem kerja kompor rakitan ini dibuat khusus dilengkapi panel surya dan satu set perlengkapan panel penampung minyak jelantah yang diubah menjadi gas bahan bakar. Dengan demikian, kompor rakitan ini mampu menghasilkan api yang stabil dan panas.

Dengan menggunakan minyak sisa menggoreng, biaya yang dikeluarkan jelas lebih murah dibandingkan gas elpiji. Dan tak hanya hemat, komjela juga sangat praktis hingga mudah dibawa bepergian. Hal ini tentu bermanfaat bagi warga Juwana yang berprofesi sebagai nelayan.

Rencananya, kompor rakitan karya siswa SMK BTB Juwana Pati ini akan diproduksi massal dengan harga Rp750 ribu per unit.




Sandiaga Uno Apresiasi Dampak Positif Libur Lebaran bagi Pelaku Parekraf Tanah Air

Sebelumnya

Manis Istimewa Kurma Ajwa

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Horizon