12.12: The Day/Hive Media
12.12: The Day/Hive Media
KOMENTAR

POPULARITAS film 12.12: The Day terus meroket ke level baru di box office Korea Selatan.

Dibintangi Hwang Jung Min, Jung Woo Sung, Lee Sung Min, dan banyak bintang lainnya, 12.12: The Day adalah film sejarah tentang kudeta militer di kehidupan nyata yang mengguncang Korea Selatan setelah pembunuhan Presiden Park Chung Hee pada tahun 1979.

Menurut Dewan Film Korea, pada tanggal 25 Januari, 12.12: The Day telah menjangkau total 12.984.746 penonton bioskop, memperluas rekornya sendiri sebagai film Korea yang paling banyak ditonton yang dirilis pada tahun 2023.

Dilansir Soompi, 12.12: The Day kini telah melampaui blockbuster tahun 2012 yang bertabur bintang The Thieves untuk menjadi film Korea ke-6 yang paling banyak ditonton dalam sejarah box office. Dan bersama film internasional, 12.12: The Day sudah menjadi film ke-9 yang paling banyak ditonton sepanjang masa di box office Korea Selatan.

Film ini disutradarai Kim Sung-su yang memang tertarik untuk menceritakan tentang kisah laki-laki yang bentrok dan berkonflik satu sama lain.

Dikutip dari Korean Film News, Kim Sung-su menceritakan tentang pengalamannya ‘menyaksikan’ Pemberontakan Militer 12.12 saat berusia 19 tahun. Peristiwa yang tersimpan di benaknya itu melatari hadirnya film 12.12 The Day.

“Pada tanggal 12 Desember 1979, saya tinggal di tempat saya bisa melihat kediaman resmi KSAD di Hannam-dong. Saya keluar hari itu dan menyaksikan sebuah mobil lapis baja menuju kediaman. Sebagai anak yang penasaran, saya pergi ke jembatan layang untuk melihatnya lebih dekat. Di sana saya mendengar suara tembakan. Para prajurit di jembatan layang mendorong saya pergi, tapi saya terlalu penasaran untuk pulang,” kisah Kim Sung-su.

“Saya lalu pergi ke atap rumah teman saya di mana saya bisa mendengar suara tembakan secara sporadis. Anehnya momen itu terpatri di benak saya, dan saya selalu penasaran dengan apa yang terjadi hari itu. Jauh setelah kejadian itu, pada tahun 2003 ketika saya menjadi sutradara, kebenaran malam itu terungkap. Saya mencari lebih banyak informasi dan membayangkan tindakan tentara dalam situasi itu,” pungkasnya.




Stephanie Poetri setelah I Love You 3000, Makin Berkibar di Pentas Musik Dunia

Sebelumnya

Taylor Swift (Lagi-Lagi) Cetak Sejumlah Rekor Lewat Album Terbarunya, The Tortured Poets Department

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Entertainment