Waspada banjir di tengah cuaca ekstrem/Freepik
Waspada banjir di tengah cuaca ekstrem/Freepik
KOMENTAR

BMKG melaporkan bencana hidrometeorologi berupa banjir dan longsor terjadi di sejumlah wilayah di Jawa Barat pada 25 Desember lalu dipicu hujan lebat hingga ekstrem per jam.

Dalam keterangan di Jakarta pada Selasa (26/12), Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menjelaskan curah hujan tinggi yang tercatat di Stasiun Geofisika Bandung, Cimahi, dan Purwakarta mengakibatkan banjir di beberapa lokasi, termasuk tanah longsor di Purwakarta.

BMKG mengimbau warga untuk mewaspadai potensi curah hujan tinggi yang bisa terjadi dalam satu pekan ke depan. Diperkirakan hujan sedang hingga lebat terutama di siang hingga malam hari, dapat disertai petir dan angin kencang.

BMKG juga mengimbau masyarakat yang tinggal di wilayah dengan topografi curam seperti pegunungan maupun tebing yang rawan longsor juga mereka yang tinggal di daerah banjir, harus tetap siaga.

Curah hujan ekstrem bisa mengakibatkan pohon tumbang, jalan licin, berkurangnya jarak pandang pengemudi kendaraan, hingga longsor dan banjir bandang.

Masyarakat dapat mengakses informasi terkait cuaca dan peringatan dini cuaca di aplikasi @InfoBMKG dan website resmi bmkg.go.id.




Viral Siti Aisyah, Gambarkan Ironi Dunia Pendidikan

Sebelumnya

Menteri Perhubungan Layangkan Teguran Keras untuk Garuda Indonesia Terkait Terganggunya Jadwal Keberangkatan Jemaah Haji

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News