Salah satu koleksi Apikmen yang ditampilkan di Jakarta Modest Fashion Week (JMFW) 2024/Farah
Salah satu koleksi Apikmen yang ditampilkan di Jakarta Modest Fashion Week (JMFW) 2024/Farah
KOMENTAR

WAJAH-WAJAH bar uterus bermunculan dalam event Jakarta Modest Fashion Week (JMFW). Salah satu yang menarik adalah jenama Apikmen. Diambil dari bahasa Jawa yang artinya “Bagus Banget”, Apikmen memang berupaya menghadirkan produk modest fashion terbaik yang mampu menampilkan pribadi masyarakat Indonesia sesungguhnya.

Dalam JMFW 2024 yang digelar selama tiga hari, 19-21 Oktober 2023, Apikmen mengambil tema Jalin yang koleksi-koleksinya menggabungkan wastra Indonesia seperti batik dan lurik, dengan modest fashion yang umumnya digunakan masyarakat muslim.

Elva Fahrima, sang desainer menjelaskan, sejak 2011 Apikmen terus konsisten berkreasi dengan menggunakan desain batik dan lurik.

“Awalnya, ini adalah kegemaran saya dan suami yang memang senang mengoleksi kain wastra, utamanya batik. Terus, kain-kain itu saya buatkan polanya sendiri dan saya beserta suami selalu mengenakannya dalam berbagai kesempatan,” cerita Elva.

Dari situlah, banyak kolega dan teman Elva yang memuji karyanya sehingga ia kemudian mengembangkan hobi menjadi bisnis yang nyata.

Khusus untuk JMFW tahun ini, Elva mengaku ada tiga hal yang menginspirasi koleksi-koleksi Apikmen. Pertama adalah tikar Lombok, yang memiliki desain dengan banyak model, dari yang sederhana hingga rumit.

Kedua, kegelisahan Apikmen akan limbah produksi sendiri. Mereka kemudian memutuskan berkolaborasi dengan komunitas patchwork di Bogor, bermana Kampung Perca, untuk mengolah limbah produksi jahitnya.

Dan terakhir, inspirasi datang dari kegelisahan tentang limbah pewarnaan sintetis yang semakin lama menjadi tidak sesuai dengan konsep berkelanjutan.

“Khusus JMFW ini, kami menggunakan seluruhnya pewarna alami. Kami kolaborasikan dengan artisan kain. Lalu, kami juga berkolaborasi dengan UMKM Mojokerto untuk pembuatan alas kaki sepatu dan sandal,” ujar Elva.

Direkrut Pengembangan Produk Ekspor Kementerian Perdagangan Miftah Farid menjelaskan, tahun ini JMFW mengambil tema Indonesia Excellence, di mana hanya produk-produk yang lolos kurasi yang ditampilkan.

Untuk target transaksi JMFW 2024 adalah mencapai 2,5 juta dollar Amerika Serikat. Harapannya, transaksi ini tidak hanya terjadi saat pameran, tetapi berlanjur hingga setelah acara selesai.




Fashion Trend ala NewJeans, Populerkan Kembali Wide Pants dan Jeans

Sebelumnya

5 Kandungan Moisturizer Terbaik untuk Wajah Berminyak, Hati-Hati Jangan Salah Pilih!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA