Film Budi Pekerti/Dok Wregas
Film Budi Pekerti/Dok Wregas
KOMENTAR

FESTIVAL Film Indonesia (FFI) kembali digelar. Menggandeng platform film Indonesia Bioskop Online untuk kesekian kalinya, mereka mengumumkan sejumlah nominator yang masuk dalam daftar nominasi tahun ini.

Bioskop Indonesia menjadi platform penjurian untuk penentuan daftar nominasi yang dipilih dan dinilai oleh para juri dari Akademi Citra yang beranggotakan para insan perfilman yang pernah meraih Piala Citra.

Pengumuman resmi daftar nominasi telah disampaikan pada 14 Oktober 2023 untuk mengetahui film-film yang telah mendapatkan pengakuan dan kesempatan bersaing untuk memenangkan penghargaan prestisius dalam perfilman Indonesia.

Pada ajang FFI kali ini, ada 21 kategori pemenang nominasi yang akan memperebutkan Piala Citra 2023. Setiap kategori memiliki 4 sampai 7 nominator yang telah dipilih oleh juri dengan kriteria ketat. Berikut lima film terbanyak yang masuk dalam beberapa kategori:

  • Budi Pekerti, meraih 17 nominasi.
  • Like & Share, meraih 11 nominasi.
  • Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang, meraih 4 nominasi.
  • Onde Mande, meraih 2 nominasi.
  • 24 Jam Bersama Gaspar, meraih 9 nominasi.

“Tahun ini, antusias para sineas sangat luar biasa. Hal ini terlihat dari variasi film dengan cerita yang unik. Beberapa bahkan sejalan dengan tema FFI yang kita pilih tahun ini,” kata Ketua Umum FFI 2023 Reza Rahadian, kepada media.

Adapun tema yang dipilih tahun ini adalah Piala Citra. Reza menjelaskan, Citra bermakna bayangan atau imaji terinspirasi dari sajak karya Usmar Ismail. Harapannya, nanti yang terpilih sebagai pemenang nominasi adalah karya-karya yang benar-benar layak mendapatkan penghargaan.

Film-film yang telah melalui tahap submission ini akan dinilai dari beragam aspek perfiman, mulai dari akting, penyutradaraan, penulisan naskah, hingga aspek teknis produksi film.




Kejutkan Penggemar, 2NE1 Gabung Kembali ke YG Entertainment dan Siap Gelar Tur Dunia 2025

Sebelumnya

Buktikan K-Pop Kian Mendunia, MAMA Awards 2024 Bakal Digelar di Amerika Serikat

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Entertainment