Tungau atau kutu busuk biasanya terdapat di sela-sela jahitan kasur/Net
Tungau atau kutu busuk biasanya terdapat di sela-sela jahitan kasur/Net
KOMENTAR

PARIS kini sedang dilanda serangan tungau atau kutu kasur dan tengah menjadi perbincangan hangat mengingat sebentar lagi kota ini akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2023. Tungau ini ditemukan di berbagai tempat, mulai dari bioskop, kereta bawah tanah, bus, bahkan bandara.

Para influencer dan selebriti di seluruh dunia yang baru pulang dari Paris Fesyen Week ramai berbagi kisah tentang gigitan tungau yang mereka dapatkan selama berada di sana.

Wakil Wali Kota Paris menyebutkan tidak ada yang selamat dari gigitan tungau ini, karenanya ia meminta pihak terkait untuk segera menanganinya. Apalagi diketahui, besar tungau dewasa bisa mencapai 5 milimeter dan biasanya berwarna kuning gelap, merah, dan atau cokelat

Yang mengkhawatirkan, tungau ini bisa bersembunyi di kasur, pakaian, kayu pada ranjang dan furnitur lainnya. Tungau-tungau ini umumnya keluar pada malam hari dan mengisap darah manusia.

Sebenarnya, jika teliti, tanda keberadaan tungau dapat diketahui. Salah satunya dari ‘jejak’ yang ditinggalkan, yaitu titik cokelat kecil pada kasur atau furnitur lainnya. Atau bercak darah di kasur dan tempat lainnya yang ditinggali.

Situasi ini memunculkan gelombang insektofobia atau ketakutan terhadap kutu busuk. Sebab, memang jumlah penampakannya telah meningkat selama beberapa minggu terakhir. Bahkan, tren peningkatannya terjadi sejak beberapa tahun yang lalu.

Ahli entomologi du rumah sakit utama Marseille dan pakar les punaises terkemuka di Prancis Michael Berenger menjelaskan, setiap akhir musim panas fenomena tungau mengalami peningkatan yang sangat besar. Kemungkinan penyebabnya adalah para turis yang biasanya berdatangan sepanjang Juli dan Agustus. Menurut Berenger, turis-turis itulah yang membawanya kembali ke dalam bagasi.

Tungau-tungau ini juga menjadi perhatian para atlet Indonesia yang lolos ke Olimpiade 2023. Adapun atlet-atlet Indonesia yang telah mendapatkan tiket Olimpiade yaitu pemanah putri Diananda Choirunisa, pemanah putra Arif Dwi Pangestu, atlet panjang tebing Desak Made Rita Kusuma Dewi, dan pesenam Rifda Irfanaluthfi.

Cara mencegah gigitan tungau

Untuk mencegah gigitan tungau, ada empat cara yang bisa dilakukan, yaitu:

  1. Mencuci sprei dan perlengkapan tidur dalam suhu tinggi.
  2. Membersihkan kasur dan rangka tempat tidur dengan vakum.
  3. Menghindari menyimpan barang di bawah tempat tidur.
  4. Mencuci dan mengeringkan pakaian setelah pulang dari perjalanan.

Selain itu, perhatikan dengan seksama tanda-tanda keberadaan tungau yang telah disebutkan di atas, yaitu bintik kecokelatan dan bercak darah yang ditinggalkan, karena seperti nyamuk, tungau menghisap darah manusia.




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News