Salah satu tokoh animasi yang dihadirkan dalam ANIMART Indonesia 2023 di Gedung Serbaguna GBK Senayan, Jakarta, Sabtu (7/10)/Ist
Salah satu tokoh animasi yang dihadirkan dalam ANIMART Indonesia 2023 di Gedung Serbaguna GBK Senayan, Jakarta, Sabtu (7/10)/Ist
KOMENTAR

RAGAM seni dan keativitas anak bangsa ditampilkan dalam ajang ANIMART Indonesia 2023 yang digelar di Gedung Serbaguna GBK Senayan, Jakarta, pada 7 hingga 8 Oktober 2023. ANIMART Indonesia 2023 merupakan ajang berkumpulnya pada cosplayer dan komunitas pecinta kreativitas.

Selama dua hari ini, berbagai kegiatan dihadirkan, seperti parade cosplay (tiga kali dalam 10 hari) yang dimeriahkan oleh 10 cosplayer, seminar kreatif dan simulasi dengan tema yang berbeda-beda, kontes cosplay, business matching, dan banyak lagi yang lainnya.

ANIMART Indonesia 2023 juga mempromosikan pahlawan lokal Indonesia seperti Gatot Kaca, Sri Asih, Manusia Bumi, Virgo, Kadet 1947, dan Domikado yang menjadi inspirasi dunia cosplayer.

ANIMART sendiri berfokus pada animasi, film, dan art yang menjadi wadah bagi para penggemar pop culture Jepang untuk memperkaya pengalaman dan merajut komunitas yang semakin solid.

“ANIMART adalah jembatan yang menghubungkan pecinta seni dan industri kreatif. Kami ingin menciptakan atmosfer, di mana ide dan inovasi dapat berkembang. Selama dua hari, penggemar pop culture dan seni dapat menikmati berbagai rangkaian kegiatan edutainment,” ujar Celeria Tjandra Judisari, penggagas ANIMART Indoesia dan Creative Director SENIOR, yang ditemui di Gedung Serbaguna GBK Senayan, Jakarta, Sabtu (7/10).

Pembukaan gelaran ANIMART Indonesia 2023 sangat ramai. Sejumlah siswa SMK jurusan desain dan animasi dari beberapa sekolah di Jakata, tampak hadir. Mereka sangat antusias untuk mengetahui bagaimana animasi itu dibuat.

Semua rasa keingintahuan para siswa ini dijawab oleh ANIMART Indonesia 2023 lewat seminar kreatif dan simulasi voice acting dari lokal voice actor (sulih suara yang bekerja sama dengan Suara Pro). Sulih suara penting dilakukan untuk menguatkan karakter yang ditampilkan dalam sebuah film animasi.

“Kami juga menghadirkan Hina Suguta, seorang voice actor populer dari Jepang dengan perannya sebagai Marin Kitagawa dalam anime yang berjudul My Dress-Up Darling,” kata Celeria.

Di hari pertama, ANIMART Indonesia 2023 diisi oleh seminar kreatif dan simulasi dengan tema Creating Game Illustration and Movie Concept Art oleh Chris Lie. Lalu, Intellectual Property oleh Mochtar Sarman, dan Industri Kreatif Animasi Indonesia oleh Ehwan Kurniawan.

Ada juga Cosplay Meet and Greet bersama Ola Aphrodite serta talkshow bertema Perkenalan Visinema Studio Melalui Domikado, Jumbo, dan Kancil. Dan, top idol show oleh Shojo Complex, Japanese Voice Actor Talkshow and Performance bersama Hina Suguta. Aksi diakhiri oleh performa Anisong olleh Refeen.




Paviliun Smart Taipei Green Innovation Promosikan Manajemen Pintar dan Solusi Berkelanjutan

Sebelumnya

Dibuka dengan Megah, TAIWAN EXPO 2024 Suguhkan Pengalaman Dunia Inovasi Serta Promosi Peluang Bisnis dan Perdagangan Bilateral Taiwan-Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel C&E